Categories
Uncategorized

Cara Membuat Piscok

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat piscok, sebelum kepembahasan kita akan membahas sedikit tentang pisang dan cokelat.

Pisang

Pisang adalah nama umum untuk tumbuhan herba besar dengan daun besar memanjang yang tumbuh lurus dari batangnya. Batang pisang lunak karena terdiri dari lapisan tulang rusuk tengah yang lunak dan panjang. Batang yang agak keras berada di permukaan tanah.

Pisang memiliki daun bertangkai yang tersebar dan mudah sobek dengan batang yang meruncing. Ukuran daun pada setiap jenis pisang juga berbeda-beda.

Batang pisang menghasilkan bunga dalam jumlah yang banyak. Bagian bunga pisang membentuk buah yang disebut jengger. Pisang dikelompokkan dalam bunga majemuk, ukurannya semakin mengecil.

Secara taksonomi, pisang termasuk dalam genus Musa dan famili Musaceae. Berbagai jenis pisang tersebar di wilayah Malesia. Jenis pisang yang paling umum ditanam di dunia adalah pisang hutan.

Pisang hutan jenis ini dapat tumbuh di hutan, perbukitan, dan dataran rendah Selain itu, pisang juga dapat ditanam berdampingan dengan tanaman lain seperti jagung dan singkong.

Pisang dapat dipanen kapan saja, karena pertumbuhannya cocok untuk semua musim. Pohon pisang hanya akan mati jika hanya berbuah sekali seumur hidupnya.

Pisang bisa langsung dimakan atau dimasak terlebih dahulu. Kandungan nutrisi pada pisang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia dan juga dapat digunakan sebagai obat tradisional.

Cokelat

adalah istilah untuk makanan atau minuman olahan yang terbuat dari biji kakao (Theobroma cacao). pertama kali dikonsumsi sebagai minuman oleh orang-orang Mesoamerika kuno, sebelumnya diyakini bahwa cokelat hanya dapat dikonsumsi oleh bangsawan. 

Cokelat umumnya diberikan sebagai hadiah atau bingkisan di hari ulang tahun dan hari raya. Dengan bentuk, corak, dan rasanya yang unik, cokelat sering digunakan sebagai ungkapan rasa terima kasih, simpati atau perhatian, bahkan sebagai tanda cinta.

Cokelat juga menjadi salah satu rasa paling populer di dunia. Selain makanan yang paling umum berupa cokelat batangan, cokelat juga menjadi bahan minuman panas dan dingin.

sekarang juga tersedia mesin coklat lengkap dari kakao ke coklat yang pastinya memudah kan kalian. itulah pembahasan singkat tentang coklat. sekarang kita beralih ke pembahasan utama yaitu cara membuat piscok

Cara Membuat Piscok

Pisang coklat merupakan salah satu jajanan pisang yang banyak peminatnya. Resep pisang coklat sendiri sebenarnya sangat mudah dibuat  dan membuat pisang coklat sendiri lebih sehat dan higienis karena menjamin kualitas dan kebersihan bahan-bahan yang digunakan, Anak-anak biasanya juga sangat menyukai jajanan ini.

rasa coklat yang meleleh membuatnya menjadi favorit kebanyakan orang. Makanya banyak pedagang kaki lima yang menjualnya. Beberapa cafe shop biasanya juga menawarkan menu snack ini pada menunya. Jika Anda ingin membuatnya sendiri atau menjualnya, Anda harus mengetahui Resep Pisang Coklat berikut ini!

1.Pisang Coklat Meses Coklat

Bahan-bahan:

  • 6 lembar kulit lumpia
  • 3 buah pisang ( jenis nangka, kepok kuning, atau ulin)
  • Meses coklat
  • 1 sdm tepung terigu, larutkan dengan 2 sdm air

Cara membuat:

  1. Kupas pisang  lalu potong menjadi dua bagian, sisihkan.
  2. Ambil satu lembar kulit lumpia, letakkan pisang dan meses di atasnya.
  3. Lalu lipat bagian bawah, kanan, dan kirinya lalu digulung.
  4. Gunakan larutan tepung terigu untuk merekatkan tepi kulit lumpia agar tidak lepas ketika digoreng. Ulangi beberapa kali hingga selesai.
  5. Kemudian panaskan minyak pada wajan dan goreng pisang coklat hingga berwarna kuning keemasan. Angkat dan sajikan.

2.Pisang Cokelat Lumer

Bahan-bahan:

  • 6 lembar kulit lumpia
  • 3 buah pisang ( jenis nangka, kepok kuning, atau ulin)
  • 100 gr coklat batangan, potong kecil-kecil
  • 50 gr mentega
  • 1 sdm tepung terigu, larutkan dengan 2 sdm air

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, silahkan ambil pisang lalu kupas pisang dan potong menjadi dua bagian, sisihkan.
  2. Kemudian, silahkan campurkan coklat batangan dengan mentega hingga merata.
  3. Ambil kulit lumpia, letakkan pisang dan campuran coklat dengan mentega di atasnya.
  4. Selanjutnya lipat bagian sisi bawah, kanan, dan kiri kulit lumpia lalu digulung. Lakukan beberapa kali hingga selesai.
  5. Panaskan minyak, goreng pisang coklat hingga matang atau berwarna kuning keemasan. Angkat dan sajikan.Pisang Coklat Mozarella

3. Pisang Coklat Mozarella

Bahan-bahan:

  • 6 buah pisang (jenis pisang nangka, kepok kuning, atau ulin)
  • 100 tepung terigu
  • 100 gr tepung panir
  • 100 gr coklat batangan, potong kecil-kecil
  • 50 gr keju mozarella, potong kecil-kecil
  • keju cheddar untuk taburan
  • Air secukupnya
  • Keju parut secukupnya

Cara membuat:

  1. Untuk langkah awal, silahkan siapkan pisang lalu kupas dan lubangi bagian tengahnya dengan sedotan.
  2. Masukkan coklat dan keju ke dalam lubang pisang. Sisakan coklat untuk bagian luar pisang nanti selepas digoreng. Lakukan ke 6 buah pisang tersebut.
  3. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu dan air lalu aduk hingga merata.
  4. Celupkan pisang ke dalam tepung terigu tersebut. Lalu lumuri dengan tepung panir.
  5. Selanjutnya digoreng hingga matang atau berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan. Letakkan pada piring.
  6. Kemudian, lelehkan sisa coklat yang ada, lalu siram ke atas pisang coklat dan taburi dengan keju parut (cheddar). Hidangkan selagi hangat.

Itulah resep pisang coklat untuk dicoba di rumah. Pisang sendiri memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan karotenoid yang dapat melindungi dan memperbaiki sel-sel yang rusak di dalam tubuh. Dengan berbagai resep ini Anda bisa membuat pisang coklat dengan sangat mudah dan praktis. Selamat mencoba resep ini.