Categories
Uncategorized

Memahami Urgensi Harta Haram

Transaksi -transaksi haram di beragam institusi, korupsi, kontrak-kontrak haram, juga penjualan barang haram banyak dikerjakan oleh umat Islam.

Buku bersampul biru cerah karya Dr. Erwandi Tarmizi, MA dengan judul Harta Haram Muamalat Kontemporer jadi rujukan waktu saya ikut kajian muamalah di majelis taklim .

Buku ilmiah ini benar-benar diperlukan umat. Menjawab persoalan-persoalan keseharian didalam muamalat. Berbagai problematika maaliyyah dipaparkan dengan metode ilmiah fikih perbandingan, ditambah dengan dalili-dalili Al Quran dan sunnah, disertai fatwa-fatwa lembaga fikih nasional dan internasional, diakhiri dengan pendapat yang kuat, dengan solusi Islami untuk sebuah transaksi haram supaya jadi halal.

Ditutup dengan himbauan, supaya semua umat bersihkan hartanya berasal dari hasil bisnis haram, dan menjelaskan tata cara membersihkan harta haram, supaya seorang muslim benar-benar bersih waktu menghadap Allah, bersih harta, jiwa dan raga.

Definis harta haram adalah setiap harta yang didapatkan berasal dari jalan yang dilarang syariat. Memakan harta haram adalah kelakuan mendurhakai Allah dan mengikuti cara syaitan. Allah memerintahkan semua manusia supaya melacak harta dengan cara yang halal. Ancaman bagi pemakan harta haram adalah neraka dan doa tidak akan dikabulkan.

Dalam bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, mari kita mengupayakan untuk menggali lagi mengenai pengetahuan muamalat ini. Mengatur keuangan di bulan Ramadhan sejatinya bersihkan harta kita berasal dari hal-hal yang dilarang oleh agama. Harta itu akan ditanya berasal dari mana didapat dan digunakan untuk apa saja?

Harta haram yang utama adalah ketika zakat tidak ditunaikan. Sebagaimana Allah udah berfirman, “Dan orang-orang yang didalam hartanya tersedia bagian tertentu, bagi orang (miskin) yang meminta dan orang yang tidak mempunyai apa-apa (yang tidak meminta)”. (QS. Al Maarij : 24-25).

Ayat lain memuat perintah zakat, “Ambilah zakat berasal dari lebih dari satu harta mereka, dengan zakat itu kamu bersihkan dan mensucikan mereka”. (QS. At Taubah : 103). Diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang udah menunaikan zakatnya, niscaya hilang kotoran berasal dari hartanya”. (HR. Thabrani, sanad hasan).

Ingat yuk! Mumpung bulan Ramadhan, hitung lagi harta kita, apakah udah waktunya dikeluarkan zakat maal? Jangan lupa juga, akhir bulan Ramadhan untuk membayar zakat fitrah.


Jual beli adalah halal dan riba adalah haram. Namun tersedia jual beli yang masuk kategori haram, apa saja ? Salah satunya adalah jual beli karena terpaksa.

Hal ini berdasarkan firman Allah, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kita saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, jikalau jalan perniagaan yang berlaku dengan puas sama-suka di pada kamu”. (QS. An Nisaa : 29).

Manjual dan belanja khamar adalah haram. Khamar adalah minuman yang memabukkan. Para ulama sepakat bahwa khamar haram diminum. Allah menamakan khamar dengan rijs yang berarti kotoran.

Dalam surat Al Maidah ayat 90, Allah berfirman “Hai orang-orang yang beriman, sebetulnya khamar, berjudi, (berkurban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah rijs juga kelakuan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu supaya kamu mendapat keberuntungan”.

Para ulama udah mengharamkan obat-obat terlarang / narkoba. Menurut fatwa MUI hukum merokok itu sendiri udah jelas, dilarang pada makruh dan haram.

Marilah kita meninggalkan hal-hal yang dilarang agama. Jangan sampai didalam bulan Ramadhan masih tersedia yang mengonsumsi narkoba dan rokok juga khamar.

Tidak tersedia seorang muslim pun yang menyangkal haramnya hukum riba. Teks Al Quran begitu memahami tunjukkan bahwa Allah udah mengharamkan riba. “Allah udah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba”. (QS. Al Baqarah : 275).

Perintah menghentikan riba tersedia didalam surah Al Baqarah ayat 278, “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jikalau kamu orang-orang yang beriman”.

Saat seorang muslim memahami bahwa di pada hartanya terdapat harta haram, hendaklah ia bertaubat dan membersihkannya secepat mungkin.

Semoga bermanfaat.