Categories
Uncategorized

Masa Tanam Jagung Sampai Panen Yang Tepat Waktu

Masa tanam jagung sampai panen  menjadi salah satu budidaya yang disukai banyak orang. Buah yang satu ini bisa diolah menjadi berbagai masakan atau sekadar direbus.Pasti asyik ya kalau bisa panen jagung dari kebun sendiri. Setelah dipanen, bisa langsung diolah dan dimakan.

Masa Tanam Jagung Sampai Panen

1.Memilih Benih

Banyaknya jenis jagung yang tersebar luas di pasar, tentunya ini memberikan kemudahan bagi para petani untuk memilih jenis jagung yang sesuai dengan kebutuhan. Dalam memilih bibit sebaiknya harus dilakukan dengan hati-hati dan cermat, karena langkah awal ini akan sangat menentukan keberhasilan anda dalam menanam jagung.

Baca dengan benar tanggal kadaluarsa yang ada dikemasan benih, pilih yang kadaluarsanya masih lama. Daya tumbuh benih sangat dipengaruhi oleh lamanya bibit tersebut disimpan, semakin lama maka daya tumbuhnya akan semakin kecil. Jadi carilah yang waktu expirednya masih lama.

Selain masa kadaluarsa, tentunya anda harus mencari tahu karakteristik dari tanaman jagung tersebut, seperti apa tumbuhnya, ketahanan terhadap hama, keseragaman ukuran biji, tidak ada kutu atau hama gudang, dan masa panennya.

2.Menyiapkan Lahan Tanam

Untuk menghasilkan tanaman jagung yang subur dan menghasilkan buah yang super, lahan tanam atau kebun harus digemburkan terlebih dahulu. Penggemburan dapat dilakukan dengan cangkul atau bajak. Setelah itu dapat diberi dengan pupuk kandang atau kompos, taburkan secukupnya saja jangan terlalu berlebihan.

Untuk mendapatkan lahan tanam yang baik dan cepat, dapat menggunakan cultivator maupun traktor tangan. Selain mendapatkan lahan yang baik, anda juga dapat menghemat waktu dan biaya yang cukup besar.

3.Penanaman Jagung

Setelah lahan sudah siap, penanaman jagung bisa dilakukan. Penanaman dilakukan dengan membuat lubang-lubang menggunakan tajuk atau tugal (kayu yang diruncingkan salah satu ujungnya). Penanaman dilakukan dengan ukuran 70cm x 20 cm atau 70cm ialah jarak antar baris, 20cm ialah jarak antar tanaman jagung.

Baca Juga:Cemilan Dari Bihun Jagung Sederhana Dan Bikin Nagih

4.Perawatan Tanaman Jagung

Untuk menghasilkan tanaman jagung yang sehat dan subur, perawatan wajib dilakukan terutama pembersihan rumput liar atau gulma. Penyiangan sebaiknya dilakukan sejak jagung sudah mulai tumbuh.

5.Pemanenan Jagung

Jagung dapat dipanen setelah berusia 120 – 130 hari setelah tanam untuk memastikan benar-benar kering. Jagung yang siap panen memiliki ciri-ciri : kelobot cokelat, rambut jagung hitam kering, biji jagung keras.

Dalam melakukan budidaya jagung tentunya sangat dipengaruhi dengan kondisi persediaan air. Tanaman jagung sangat membutuhkan air yang cukup banyak terutama pada saat jagung mulai berbuah. Oleh karena itu sebaiknya dalam melakukan penanaman jagung harus memperhatikan kondisi cuaca. Lakukan perawatan secara rutin agar jagung dapat tumbuh dengan normal dan buahnya super. Dalam kondisi normal, budidaya jagung hibrida dapat dipanen pada usia sekitar 3 bulan. Pada usia ini batang dan daun jagung mulai mengering. Ini menandakan bahwa jagung di dalam juga sudah mengering dan siap untuk dipanen. Cara pemanenan dapat dilakukan dengan cara manual atau pemocokan terhadap batang jagung atau dengan memetik jagungnya saja. Agar nilai jual jagung semakin tinggi, anda dapat mengeringkannya lagi agar kadar airnya benar-benar tinggal sedikit kemudian jagung dipipil dengan mesin pemipil jagung.

Pemanenan secara manual memerlukan tenaga kerja yang banyak untuk memanennya. Setelah jagung dipanen kemudian dijemur kembali sampai kering, selanjutnya baru dipipil dengan mesin pemipil. Setelah jagung terpipil dijemur kembali agar benar-benar kering, baru jagung tersebut dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Proses panen, pengeringan, pemipilan sampai jagung siap jual memerlukan waktu yang cukup lama, belum termasuk tenaga dan biaya yang dikeluarkan sangat besar.

Itulah masa tanam jagung sampai panen semoga bisa membantu dan jika inging membuat emping kalian bisa dengan mesin pembuat emping jagung.Terima kasih.