Categories
Uncategorized

Perbedaan Air Kelapa Muda Dan Tua Untuk Kesehatan

Air kelapa muda tidak hanya diketahui dengan kesegarannya, namun juga khasiatnya untuk kesehatan. Tetapi, tahukah Anda bahwa air kelapa tua juga bisa berikan khasiat yang tak sedikit? Nah, mari kita simak artikel berikut ini sebagai mengetahui kebaikan pada kedua jenis air kelapa ini.

Perbedaan Air Kelapa Muda Dan Tua

Perbedaan Air Kelapa Muda Dan Tua

Perbedaan air kelapa muda dan tua terdapat di kandungan air dan ketebalan daging buah pada dalamnya. Air kelapa muda biasanya lebih banyak dikonsumsi daripada air kelapa tua, karena manfaatnya yang bisa atasi macam-macam gangguan pencernaan, contohnya diare.Berbeda dari air kelapa muda yang lebih kerap kali dikonsumsi, air kelapa tua sering dibuang dan yang dimanfaatkan hanya daging buahnya saja sebagai buat santan. Padahal, air kelapa muda dan air kelapa tua mempunyai nutrisi yang sama bagusnya bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan

Air kelapa muda banyak akan elektrolit, contohnya kalium, natrium, dan magnesium, yang bisa atasi dan cegah dehidrasi ringan. Air kelapa muda juga terdapat karbohidrat, serat, protein, vitamin C, dan juga antioksidan.

Berkat yang terkadung antioksidan dan berbagai nutrisi itu, air kelapa muda sangat bagus bagi kesehatan tubuh. Berikut ini ialah beragam manfaat air kelapa muda bagi kesehatan:

  1. Untuk kontrol dan turunkan tekanan darah tinggi
  2. Dapat turunkan kadar kolesterol jahat (LDL)
  3. Kurangi risiko akan terjadinya penyakit kardiovaskular
  4. Bisa redakan gejala diare
  5. Cegah akan terbentuknya batu ginjal
  6. Turunkan dan juga kontrol gula darah
  7. Cegah kerusakan pada sel akibat radikal bebas

Untuk bisa dapatkan manfaat air kelapa muda dengan cara maksimal, sebaiknya Anda konsumsi air kelapa murni yang didapat langsung dari buah kelapa dikupas dengan mesin pengupas kelapa agar lebih cepat. Anda juga disarankan untuk tak tambahkan gula ataupun pemanis buatan saat ingin dikonsumsi.Tetapi dapat menambahkan es agar lebih segar.

Jika Anda pilih air kelapa muda pada kemasan, dipastikan kemasan tak rusak dan di perhatikan lagi kandungan nutrisi pada dalamnya. Air kelapa di kemasan seharusnya segera untuk dikonsumsi sesudah Anda membuka kemasannya.

Tetapi, jika Anda ingin simpan lagi, pastikan air kelapa disimpan pada lemari es dan segera habiskan pada waktu maksimal adalah 48 jam.

Manfaat Air Kelapa Tua untuk Kesehatan

Manfaat Air Kelapa Tua untuk Kesehatan

Pada umumnya, kandungan nutrisi air kelapa tua dan air kelapa muda tak berbeda jauh. Air kelapa tua juga terdapat asam amino dan beragam mineral, contohnya sodium, selenium, fosfor, kalium, dan juga zinc. Hal inilah yang buat air kelapa tua mempunyai kaya khasiat bagi kesehatan, di antaranya:

  1. Tingkatkan daya tahan pada tubuh
  2. Jaga saluran di pencernaan
  3. Turunkan dan juga kontrol kadar gula darah
  4. Cegah kerusakan pada sel akibat radikal bebas

Untuk memperoleh manfaat air kelapa tua itu, Anda dapat minum air kelapa tua yang diambil langsung dari buahnya.

Air kelapa tua juga dijual pada kemasan dan sering dijadikan untuk minuman isotonik dan campuran pada bahan minuman, contoh nata de coco. Pilihlah kemasan yang masih bagus dan perhatikan juga label nutrisi yang terdapat pada dalamnya.

Pilih Air Kelapa Muda atau Air Kelapa Tua?

Sebenarnya, bagus air kelapa muda atau air kelapa tua mempunyai manfaat yang sama bagi kesehatan. Perbedaan kedua minuman ini hanya di banyak kandungan air dan juga rasanya.

Hampir sebagian besar pada bagian kelapa muda terdiri dari air dan sedikitnya daging buah. Sementara itu, kelapa tua terdapat sedikitnya air dan lebih banyak akan daging buahnya.

Tetapi, jika Anda lebih sukai minuman yang tak terlalu manis, air kelapa tua dapat jadi pilihan. Hal ini dikarenakan kandungan pada gulanya akan berkurang selama bertambahnya usia kematangan di kelapa.

Manfaat air kelapa muda dan air kelapa tua bagi kesehatan memang tak sedikit. Tetapi, jika Anda mempunyai kondisi tertentu, seperti halnya sedang hamil ataupun menderita penyakit kronis, bisa tanyakan pada dokter yang terkait keamanannya.

Diata ialah perbedaan kelapa muda dan tua untuk kesehatan semoga bisa menambah wawasan setelah anda membaca artikel ini .Kalian juga dapat membaca juga kegunaan air kelapa muda baik untuk kesehatan dan kecantikan.Sekian terima kasih.