Categories
Uncategorized

Cara Memasak Abon Sapi

Pada keempatan kali ini saya mau membagikan sedikit ilmu tentang Cara Memasak Abon Sapi

Bagi masyarakat kita, khususnya di Indonesia, makanan olahan abon itu merupakan produk makanan olahan yang sangat populer. Bahkan bisa jadi semua pernah merasakannya. Dengan sangat populernya Abon,  anda bisa memperolehnya dimana-mana. Baik di pasar tradisional atau juga di toko-toko modern seperti swalayan atau supermarket. Bentu abon sangat mudah dikenali, bentuknya lauk pauk kering, khas serat-serat daging dengan bahan bakunya berupa daging atau ikan, bahkan sekarang ini sudah mulai banyak olahan abon dari bahan baku yang lainnya seperti jamur tiram dan lain sebagainya. Pada umumnya abon memiliki komposisi gizi yang cukup baik untuk kesehatan kita, karena memang terbuat dari bahan-bahan alami.

Dalam pembuatan abon sebenarnya bertujuan untuk bisa menambah keanekaragaman pangan, memperoleh olahan pangan yang berkualitas tinggi, daya tahan simpan yang lama, bisa meningkatkan nilai tukar, dan juga meningkatkan daya guna bahan mentahnya. Abon juga salah satu bentuk olahan kering yang memang sudah dikenal di kalangan masyarakat karena harganya yang cukup terjangkau dan juga rasanya yang lezat. Kabar gembiranya lagi, untuk membuat abon ternyata mudah. Semudah membuat olahan makanan dirumah. Bahkan sekarang, informasi cara membuat abon dengan gampangnya bisa diakses di media-media, baik koran, majalah dan tentu internet.

jadi Anda dapat membuat abon yang Anda sukai. Tentunya Anda adalah satu satu penggemar makanan yang mudah dicerna cepat saji ini kan. Mau mempraktekannya di rumah sendiri ?? Bisa Anda coba dengan resep yang akan dibahas dengan cara membuat abon yang cepat saji tanpa  harus membuang waktu Anda. Simak ulasan resep membuat abon kali ini.

Berikut Cara Membuat Abon Sapi

https://www.tokomesin.com/wp-content/uploads/2017/10/Resep-Membuat-Abon-Daging-Ayam-Gurih-300x158.jpg

a. Bahan-bahan :

  • 1 kilogram daging sapi tanpa lemak
  • 100 ml santan kental
  • 1000 ml santan encer

b. Bahan untuk bumbu :  

  • 3 siung bawang putih ( dihaluskan )
  • 8 siung bawang merah ( dihaluskan )
  • 1 sdm ketumbar sangrai ( dihaluskan )
  • 8 butir kemiri sangrai ( dihaluskan )
  • 3 sdm gula merah
  • 2 sdm garam halus
  • 3 lmbr daun jeruk
  • 1 ½ sdm air jeruk nipis
  • 1 buah lengkuas ( dimemarkan )
  • 2 batang serai ( dimemarkan )
  • Minyak untuk menumis secukupnya

Cara Membuat :

  1. Potong daging sapi terlebih dahulu dengan ketebalan tipis melebar lalu sisihkan
  2. Haluskan bahan seperti kemiri, bawang merah, bawang putih dan ketumbar dengan cara diulek
  3. Tumiskan bumbu halus tersebut hingga harum lalu masukkan potongan daging kedalam tumisan tersebut, aduk dan masak hingga daging berubah warna
  4. Tuangkan santan encer kedalam masakan tersebut, aduk dan masak hingga tekstur daging menjadi lunak
  5. Masukkan air jeruk nipis dan juga santan kental kedalam masakan tersebut, aduk dan masak lagi hingga mendidih
  6. Angkat masakan tersebut lalu ambilkan daging sapinya dan potong kembali hingga lebih tipis lagi lalu pipihkan dan suwir
  7. Masukkan lagi suwiran daging tersebut kedalam masakan kuah tadi lalu masak kembali hingga kuahnya kering lalu angkat
  8. Siapkan alat perasan lalu masukkan daging sapi tersebut dan peras hingga sisa-sisa minyak bekas penggorengan keluar, usahakan sampai benar-benar kering
  9. Masukkan abon yang sudah kering kedalam toples agar abon tersebut bisa bertahan lebih lama.
  10. lalu terahir kemas abon yang dihasilkan dalam kantong plastik atau kemasan lainnya, atau bisa juga langsung dimakan jika Anda ingin mencicipinya.

Dengan mendeskripsikan cara memasak abon diatas yang memudahkan Anda dalam membuat abon ala rumahan sendiri bisa dipraktekkan dengan keluarga besar Anda dan teman-teman Anda yang dalam acar besar ataupun lauk pauk Anda sehari-hari. Sekian dari saya bila ada kurang dan lebihnya mohon maaf.terimakasih.