Categories
Bisnis

Bisnis Pertama Alibaba Group yang Sukses Besar

Sebelum memiliki 11 gurita bisnis seperti sekarang ini, Jack Ma mendirikan usaha pertamanya yaitu Alibaba.com. Alibaba.com ini merupakan sebuah perusahaan e-commerce milik Alibaba Group yang memperbolehkan bagi para pelaku bisnis atau individu untuk melakukan pembelian dan sekaligus menjual produk mereka secara lokal dan internasional.

Dengan demikian Anda bisa secara bebas mencari produk yang memang Anda inginkan. Untuk berbelanja di Alibaba tidaklah sulit. Langkah – langkahnya untuk berbelanja di Alibaba sebagai berikut ini :

Pertama – tama, buatlah akun di Alibaba

Sama halnya seperti website – website yang lain, cara belanja di Alibaba yang harus pertama Anda lakukan adalah membuat akun pada website. Dengan membuat akun pada website, hal tersebut akan memudahkan Anda untuk mencari produk yang Anda ingin beli dan Anda juga dapat menjual barang Anda di marketplace tersebut.

Didalam website Alibaba sendiri, Anda tinggal pilih tombol sign in jika memang Anda sudah memiliki akun Alibaba atau melakukan sign up jika memang Anda masih belum punya akun. Setelah Anda memilih untuk sign in atau sign up, kemudian Anda tinggal ikuti instruksi yang diberikan saja.

Dalam membuat akun Alibaba, yang Anda harus perhatikan adalah :

  • Dalam membuat akun, Anda tidak perlu lisensi wholesaler untuk membuat akun di Alibaba. Jadi walau demikian jika Anda menjual produk dari Alibaba di tempat yang lain, bersiaplah untuk Anda berhadapan dengan pihak pengadilan bisnis dan pajak lokal yang ada di negara Anda.
  • Jika Anda tidak memiliki lisensi wholesaler dan Anda ingin kembali menjual produk yang Anda dapat di Alibaba, baiknya Anda meminta bantuan pihak ketiga untuk menangani sistem pengadaan produk Anda seperti Asiacommerce atau pihak ketiga lain misalnya.

Carilah produk yang Anda ingin jual

Selain membuat akun, cara belanja di Alibaba yang kedua adalah mencari produk. Ada banyak cara untuk mencari produk di Alibaba Indonesia . Salah satu cara yang paling dasar adalah memasukkan kata kunci dari produk yang Anda inginkan ke dalam kolom pencarian yang terletak di halaman utama website.

Anda pun juga dapat mencari produk menggunakan kategori yang berada di pojok kiri halaman utama website yang Anda tuju.

Lakukan filter atas hasil pencarian Anda

Langkah yang ketiga untuk belanja di Alibaba adalah melakukan filter hasil pencarian produk Anda. Dengan melakukan filter hasil pencarian, Anda dapat semakin mempersingkat waktu untuk memilah produk. Anda dapat menggunakan option yang terdapat di bagian kiri halaman hasil pencarian. Dengan ini, Anda bisa memperkecil skala pencarian secara lebih spesifik.

Lakukan pemeriksaan profil supplier untuk lencana verifikasi

Ketika Anda sudah menemukan supplier melalui mesin pencarian atau melalui RFQ, Anda kemudian dapat langsung pergi ke halaman profil mereka untuk melakukan langkah verifikasi legitimasi. Anda dapat melihat lencana profil kemudian untuk memastikan bahwa Anda melakukan kerjasama dengan supplier yang terverifikasi.

Didalam situs, Anda akan menemukan beberapa kode untuk memeriksa profil supplier. Beberapa kode yang dimaksud yaitu :

  • A & V : mengindikasikan bahwa supplier tersebut sudah lulus pemeriksaan originalitas dan pemeriksaan verifikasi yang telah dilakukan oleh Alibaba dan pihak ketiga pemberi jasa verifikasi.
  • Onsite Check : memverifikasi tempat supplier yang berbasis di China telah diperiksa oleh staff Alibaba untuk memastikan bahwa tempatnya memang benar – benar ada bukan halu atau akal – akalan belaka
  • The Assessed Supplier Check : mencatat bahwa pemasok telah diverifikasi oleh pihak ketiga

Sebagai tambahan ketika Anda melakukan pengecekan terhadap lencana profil supplier, Anda dapat mencari berbagai macam informasi tentang calon supplier secara online demi menghindari resiko terjadinya penipuan.

Coba carilah secara online informasi lencana dengan cara komen atau complain something terhadap supplier yang memang Anda inginkan. Anda pun juga dapat melihat referensi informasi kontak yang terdapat di profil Alibaba mereka dengan bantuan google.

Pastikan juga Anda menghindari supplier yang mendaftarkan alamat email non bisnis seperti Gmail atau pun Yahoo. Hal yang Anda juga harus tahu ketika memilih supplier di Alibaba.com, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal berikut ini agar tidak salah pilih supplier, diantaranya :

Middleman atau makelar

Jangan sampai terjebak dengan middleman atau makelar. Mengapa? Karena middleman atau makelar biasanya dapat membuat harga produk lebih mahal. Middleman juga akan menyulitkan Anda dalam berkomunikasi.

Scammers atau penipu

Tidak semua orang yang bergabung dengan Alibaba adalah orang yang jujur. Ada banyak orang yang bergabung dengan Alibaba dan beberapa diantara mereka adalah penipu. Karena itu Anda harus benar – benar waspada.

Jangan sampai Anda terjebak dengan para penipu itu karena bisa – bisa Anda tidak mendapat untung malah uang Anda diambil mereka sementara Anda tidak mendapatkan barang yang Anda beli. Jadi memilih supplier secara selektif merupakan hal yang wajib Anda perhatikan.

Perhatikan kualitas produk

Walau terdapat tulisan premium atau high quality pada produk yang mereka jual kepada Anda, namun perbedaan kualitas antar masing – masing negara tetap harus diberlakukan. Baiknya Anda juga harus pastikan bahwa kualitas yang Anda inginkan sesuai dengan kualitas yang supplier Anda tawarkan.

Pastikan mencari supplier yang memiliki gudang pemasok di negara Anda

Menemukan supplier yang memiliki gudang di negara Anda, hal tersebut akan memotong waktu pengiriman dan akan menghindarkan Anda dalam berhadapan dengan pihak bea cukai.

Jika kemudian Anda mencari supplier yang tidak memiliki gudang di negara Anda, maka yang Anda harus lakukan adalah bekerjasama dengan supplier tersebut untuk menangani bea cukai dengan memanfaatkan apa yang disebut sebagai Alibaba’s Freight Logistics Resource. Namun akan berbeda cerita jika Anda mencari supplier yang memiliki gudang di negara Anda.

Anda bisa mencari mana langkah terbaik dalam bekerjasama. Pastikan Anda sudah memikirkan semua langkah yang dilakukan matang – matang.