Categories
Uncategorized

Inilah Manfaat Air Kelapa Yang Harus Kalian Ketahui

Di artikel kali ini saya akan membahas tentang manfaat air kelapa yang harus kalian ketahui

Air kelapa selain menyegarkan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, asalkan dikonsumsi dengan cara yang tepat. Saat udara sedang panas, minum air kelapa dengan es pasti menyegarkan.

Selain diminum langsung, air kelapa juga kerab diolah menjadi nata de coco Tapi, tahukah Anda bila air kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Mengutip dari buku berjudul Keampuhan Air dan Minyak Kelapa Bagi Kesehatan, karya Tiara Putri air kelapa mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, klorin, nitrogen, dan zat besi. 

Kandungan mineral tersebut membuat air kelapa banyak digunakan dalam dunia pengobatan herbal. 

Manfaat air kelapa 

Sudah bukan rahasia bila air kelapa sering digunakan untuk detoks. Anda perlu tahu, bila air kelapa juga memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh. 

Berikut manfaat air kelapa yang harus Anda ketahui. sebelumnya kalian harus tau cara mengupas kelapa muda

1. Mengontrol tekanan darah

Air kelapa mengandung kalium dan magnesium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi alias hipertensi. Minum air kelapa bisa jadi opsi untuk Anda yang tidak ingin minum obat dari dokter. 

2. Mengurangi rasa lapar 

Anda sedang diet? Minum air kelapa bisa membantu Anda untuk mengurangi rasa lapar. Tidak hanya itu, air kelapa juga berperan untuk mengobati diabetes. 

Air kelapa meningkatkan penyerapan glukosa oleh aliran darah. Hal ini membuat tubuh tidak mudah merasa lapar. 

3. Menghilangkan dehidrasi dan mengembalikan stamina tubuh 

Anda merasa kelelahan setelah berolahraga, minum air kelapa bisa mengembalikan stamina, Air kelapa mengandung ion-ion alami yang dibutuhkan tubuh.

Ion-ion tersebut berperan untuk menghilangkan dehidrasi dan mengembalikan stamina tubuh. Mengutip dari buku berjudul Terapi Kelapa Untuk Kesehatan dan Kecantikan.

karya Lanny Lingga, Ph.D, air kelapa yang diserap oleh sel tubuh menciptakan sensasi segar Asal tahu saja, satu cangkir air kelapa mengandung sekitar 46 kalori.

4. Meningkatkan fungsi otak 

Kalium yang tersimpan di dalam air kelapa mampu meningkatkan fungsi otak khususnya untuk mengingat dan belajar. 

5. Melancarkan pencernaan 

Anda sering menderita sembelit? Alih-alih minum pencahar Anda bisa minum air kelapa. Kalium dalam air kelapa membantu proses metabolisme tubuh.

Efeknya, proses pencernaan di dalam tubuh menjadi lancar dan adanya proses pembakaran lemak. 

6. Mencegah gangguan jantung dan ginjal 

Air kelapa juga dipercaya mampu meminimalisasi risiko seseorang terkena gangguan jantung dan ginjal. Lagi-lagi, kalium dalam air kelapa yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung dan ginjal. 

7. Memberikan kesegaran secara alami

Air kelapa mengandung gula dan elektrolit yang dapat menyegarkan secara alami. Tiap 30 ml air kelapa hanya mengandung 5,5 kalori dan 1,5 gram gula.

8. Memenuhi kebutuhan mineral dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh

Tiap 30 ml air kelapa juga mengandung 60 mg kalium dan 5,5 mg natrium. Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan vitamin C, kalsium, asam folat, zat besi, magnesium dan fosfor.

9. Menggantikan cairan tubuh dengan cepat

Menurut penelitian, manfaat air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang dengan cepat bila dibandingkan air biasa atau minuman olahraga.

10. Menangkal radikal bebas

Air kelapa bersifat antioksidan, yang mampu mengatasi racun-racun dan zat radikal bebas yang masuk untuk merusak tubuh.

Jumlah Konsumsi Air Kelapa yang Tepat

Bagi orang Indonesia, mengonsumsi air kelapa merupakan hal yang umum. Air kelapa dijual dengan rasa alami atau dicampur bahan-bahan lain. Lalu, berapa banyak sebaiknya mengonsumsi air kelapa?

Air kelapa sebagai minuman sehari-hari dapat dianggap sebagai jus buah. Sebaiknya konsumsi cukup sekitar satu gelas per hari. Meski tergolong sehat, satu hal yang perlu diingat adalah air kelapa tetap mengandung kalori.

Jika konsumsi air kelapa Anda tiap hari sekitar 250 ml per hari, maka Anda harus menghitung tambahan 45-60 kalori. Jika kemudian, kalori tambahan dari air kelapa itu tidak digunakan oleh tubuh, maka dapat meningkatkan berat badan sekitar 2 kg tiap tahun.

Kondisi yang Perlu Diwaspadai Saat Mengonsumsi Air Kelapa

Wanita hamil di Indonesia kerap disarankan untuk mengonsumsi air kelapa karena dianggap bermanfaaat, meski belum sepenuhnya terbukti secara ilmiah. Wanita hamil dan menyusui sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi air kelapa. Jika ragu, konsultasikan terlebih dulu kepada dokter.

Air kelapa juga memiliki kemungkinan menurunkan tekanan darah, sekaligus meningkatkan efek obat tekanan darah tinggi. Yang juga perlu diwaspadai adalah air kelapa mungkin mengganggu tekanan darah selama dan pascaoperasi. Sebaiknya hindari konsumsi air kelapa dua minggu sebelum jadwal operasi.

Kini Anda bisa memperoleh manfaat air kelapa tidak hanya dari buah segar, tetapi juga dari air kelapa yang  disajikan dalam kemasan. Jangan lupa untuk membaca label pada kemasan sebelum membeli. Pastikan air kelapa dalam kemasan bebas pengawet dan pemanis buatan, agar tetap sehat dikonsumsi.

Sebaiknya hindari minum air kelapa berlebihan, pastikan jumlahnya sesuai kebutuhan tubuh. Bagi Anda yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi air kelapa.

nah disini saya akan memberikan informasi bagi kalian yang ingin cari mesin pemintal tali sabut kelapa bisa di cek disini segitu aja artikel dari saya semoga bermanfaat