Categories
Uncategorized

Cara Membuat Abon Daging Sapi

Bagi masyarakat kita, khususnya di Indonesia, makanan olahan abon itu merupakan suatu produk makanan olahan yang sangat populer. Bahkan bisa jadi semua pernah merasakannya. Dengan sangat populernya Abon,  anda bisa memperolehnya dimana-mana. Baik di pasar tradisional atau juga di toko-toko modern seperti swalayan atau supermarket. Bentu abon sangat mudah dikenali, bentuknya lauk pauk kering, khas serat-serat daging dengan bahan bakunya berupa daging atau ikan, bahkan sekarang ini sudah mulai banyak olahan abon dari bahan baku yang lainnya seperti jamur tiram dan lain sebagainya. Pada umumnya abon memiliki komposisi gizi yang cukup baik untuk kesehatan kita, karena memang terbuat dari bahan-bahan yang alami.

Abon merupakan salah satu makanan yang berbahan dasar daging hewan. Makanan ini dominan mempunyai warna cokelat. Secara ciri, abon memiliki seperti serat-serat kapas daging yang telah diolah dan menjadi bentuk serpihan daging berukuran kecil. Kelebihan abon, dengan sistem penyimpanan yang kering dan hampir tidak sisa kadar air, abon awet disimpan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dalam kemasan yang rapat dari udara luar.Pada umumnya abon terbuat dari bahan daging sapi atau kerbau. Pada umumnya orang mengetahui bahwa hanya daging sapi dan kerbau lah yang bisa untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan abon. Semua jenis daging sapi, ayam dan ikan sebenarnya dapat digunakan untuk pembuatan abon. Bahan-bahan lain ini tak kalah enak jika diproses menjadi abon.

Dalam pembuatan abon sebenarnya bertujuan untuk bisa menambah keanekaragaman pangan, memperoleh olahan pangan yang berkualitas tinggi, daya tahan simpan yang lama, bisa meningkatkan nilai tukar, dan juga meningkatkan daya guna bahan mentahnya. Abon juga salah satu bentuk olahan kering yang memang sudah dikenal di kalangan masyarakat karena harganya yang cukup terjangkau dan juga rasanya yang lezat. Kabar gembiranya lagi, untuk membuat abon ternyata mudah. Semudah membuat olahan makanan dirumah. Bahkan sekarang, informasi cara membuat abon dengan gampangnya bisa diakses di media-media, baik koran, majalah dan tentu internet.

1. Resep Membuat Abon Sapi

Cara Membuat Abon Sapi Spesial yang Gurih dan Renyah juga Nylakemin

  1. Daging sapi dipotong menjadi tetelan daging. Lemak dan jaringan ikat dibuang dari seluruh permukaannya, lalu dipotong-potong dengan ukuran 4 x 4 x 4 cm. Selanjutnya dicuci dengan air bersih, sehingga bebas dari kotoran dan sisa darah.
  2. Daging yang telah dipersiapkan diatas ditimbang seberat 5 kg, atau sesuai dengan keingingan Anda.
  3. Kemudian rebus potongan-potongan daging tersebut ke dalam air mendidih selama 30-60 menit.
  4. Setelah selesai, lalu didinginkan, dan tumbuk daging yang telah direbus, lalu pisahkan serat-seratnya dengan pisau atau untuk lebih mudah bisa dengan menggunakan mesin suwir daging abon sapi.
  5. Tumbuk ketumbar, kemiri, gula merah, bawang merah, bawang putih, dan garam dapur sesuai dengan takarannya tersebut jadi satu. Tumbuk sampai halus, campur, dan aduk sampai semuanya tercampur secara homogen, lalu tumis dengan sedikit minyak goreng dalam wajan.
  6. Timbang daging kelapa seberat 3 kg, lalu parut dan peras santannya dengan menambahkan air panas secukupnya.
  7. Masukkan santan yang dihasilkan ke dalam wajan, tambahkan ke dalamnya daging yang telah disuwir-suwir menggunakan mesin pembuat abon sapi tadi (dipisahkan dalam bentuk serat-serat daging) dan bumbu-bumbu yang telah dipersiapkan, aduk sampai merata, lalu panaskan di atas kompor sampai kering dan tiriskan di atas.
  8. Panaskan minyak goreng sebanyak 0,5 kg dalam wajan di atas kompor dengan api yang sedang, masukkan ke dalamnya daging yang telah dipersiapkan sedikit demi sedikit dan goreng sampai kering dan berwarna coklat muda, lalu tiriskan secara manual, atau juga dapat meniriskan minyak memakai mesin peniris minyak abon   dan kemudian dinginkan.
  9. lalu terahir kemas abon yang dihasilkan dalam kantong plastik atau kemasan lainnya, atau bisa juga langsung dimakan jika Anda ingin mencicipinya.

Dengan mendeskripsikan cara membuat abon diatas yang memudahkan Anda dalam membuat abon ala rumahan sendiri bisa dipraktekkan dengan keluarga besar Anda dan teman-teman Anda yangdalam acar besar ataupun lauk pauk Anda sehari-hari. Semoga berhasil dan hasil abon Anda lezat !!!