Categories
Uncategorized

Ini Dia Peluang Bisnis Sabut Kelapa

Tidak hanya buah kelapa muda saja. Buah kelapa tua juga memiliki manfaat yang besar. Sabut kelapa buah kelapa tua bisa di jadikan ladang atau peluang bisnis lho. Yuk kita simak bersama!

Peluang Bisnis UKM Pengolahan Sabut Kelapa

Sabut kelapa pada umumnya hanya di manfaatkan untuk keperluan bahan bakar bagi rumah tangga yang masih menggunakan kayu bakar. Di daerah yang merupakan penghasil kelapa, sabut kelapa sering di buang begitu saja. Mungkin hanya pelaku usaha pembuatan bata dan genteng saja yang sering membutuhkan sabut kelapa tersebut untuk proses pembakaran.

Sabut kelapa pada umumnya hanya di manfaatkan untuk keperluan bahan bakar bagi rumah tangga yang masih menggunakan kayu bakar. Di daerah yang merupakan penghasil kelapa, sabut kelapa sering dibuang begitu saja.

Mungkin hanya pelaku usaha pembuatan bata dan genteng saja yang sering membutuhkan sabut kelapa tersebut untuk proses pembakaran. Namun, ada beberapa pengerajin yang memanfaatkan sabut kelapa untuk diolah menjadi produk yang bernilai ekonomis. Seperti apakah gambaran bisnis pengolahan sabut kelapa tersebut?

Mengenal Cocofiber

Cocofiber atau coconut fiber alias serat sabut kelapa merupakan bahan utama dalam pembuatan aneka produk kerajinan. Sabut kelapa yang masih kasar dan menggumpal di olah untuk memperoleh serat halus dengan dua cara, yaitu teknik tradisional (manual) dan teknik modern (mekanik). Untuk cara pertama anda membutuhkan sikat kawat, sedangkan cara kedua adalah dengan memakai mesin konveyor yang harganya sekitar 10jutaan rupiah, tergantung kapasitas dan spesifikasi mesinnya.

Dengan mesin ini, anda dapat mengurai sabut kelapa dalam jumlah lebih banyak dan lebih cepat. Produk yang terurai tersebut menjadi dua jenis, yakni cocofiber dan cocopeat. Cocopeat adalah serabut kelapa yang bentuknya seperti butir-butir pasir. Dan yang akan kita manfaatkan untuk barang ekonomis adalah serat panjang yang disebut cocofiber.

Aneka Jenis Produk Dari Cocofier

Sejak dahulu para pengerajin telah memanfaatkan serat sabut kelapa untuk diolah menjadi barang-barang yang berguna, misalnya sapu lantai dan keset kaki. Namun, dengan peralatan yang masih sederhana tentu tidak mampu memproduksi dalam jumlah besar, sehingga bisnis yang dijalankan tersebut tidak dapat berkembang. Dengan ketersediaan mesin-mesin industri skala rumahan, maka peluang usaha ini cukup menjanjikan dan prospektif.

Macam Olahan Sabut Kelapa

1. Serat Sabut (Cocofiber)

Serat sabut kelapa, atau dalam perdagangan dunia biasa di kenal sebagai Coco Fiber, Coir fiber, coir yarn, coir mats, dan rugs, merupakan produk hasil pengolahan sabut kelapa. Seperti yang sudah kita ketahui secara umum, serat sabut kelapa hanya di manfaatkan untuk bahan pembuat sapu, keset, tali dan alat-alat rumah tangga lain. Biasanya di olah menggunakan mesin khusus.

Perkembangan teknologi, sifat fisika-kimia serat, dan kesadaran konsumen untuk kembali ke bahan alami, membuat serat sabut kelapa dimanfaatkan menjadi bahan baku industri karpet, jok dan dashboard kendaraan, kasur, bantal, dan hardboard. Serat sabut kelapa juga di manfaatkan untuk pengendalian erosi. Serat sabut kelapa diproses untuk dijadikan Coir Fiber Sheet yang di gunakan untuk lapisan kursi mobil, Spring Bed dan lain-lain.

2. Serbuk Sabut Kelapa (Cocopeat)

Selimut kelapa atau kulit kelapa memiliki material penting yang berdaya guna tinggi, yaitu serabut kelapa (cocofiber) dan serbuk serabut (cocopeat) setelah bagian serabutnya dipisahkan. Cocopeat merupakan sabut kelapa yang di olah menjadi butiran-butiran gabus, di kenal juga dengan nama Cocopith atau Coir pith. Cocopeat adalah media tanam yang di buat dari serabut kelapa.

Oleh karena itu, paling mudah di temukan di negara-negara tropis dan kepulauan, salah satunya Indonesia. Coco peat dapat menahan kandungan air dan unsur kimia pupuk serta dapat menetralkan keasaman tanah. Karena sifatnya itu, coco peat dapat digunakan sebagai media yang baik untuk pertumbuhan tanaman hortikultura dan media tanaman rumah kaca.

3. Serbuk Sabut Padat (Cocopeat brick)

Cocopeat brick adalah pith (empulur) yang di padatkan dengan ukuran yang mudah di gunakan untuk rumah kaca, tanaman pot lapangan golf, lansekap dan untuk mengendalikan erosi. Cocopeat brick selain ramah lingkungan juga telah di uji secara luas sebagai media pertumbuhan tanaman.

4. Cocomesh

Cocomesh adalah jaring yang dibuat dari sabut kelapa. Biasanya dibuat seperti seukuran net bola volly atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan lahan. Penggunaan Cocomesh ini terbukti efektif dalam mencegah longsor ataupun banjir.

Cocomesh juga berfungsi sebagai media tumbuh tanaman dan sangat cocok untuk reklamasi bekas tambang atau pantai. Dengan mematok ujung-ujungnya, cocomesh dihamparkan dalam lahan bekas galian tambang. pemasangannnya di sesuaikan dengan struktur tanah. Bisa miring, atau datar.

5. Cocopot (Pot Sabut Kelapa)

Ini adalah sebagai media tumbuh tanaman yang khusus di pakai oleh pertambangan untuk reklamasi bekas galian tambang. Wadah (pot dari sabut kelapa) ini berfungsi sebagai media tumbuh tanaman yang sangat cocok untuk tanaman dalam pot, minus unsur hara, bahkan rekomendasi untuk reklamasi bekas tambang.

Sabut kelapa yang di bentuk menjadi pot mempunyai nilai artistik tersendiri serta ramah lingkungan karena berfungsi sebagai hara ketika habis masa pakainya. Pot yang di buat dari sabut kelapa menyerap air sehingga air lebih merata di sekeliling tanaman dan memberikan keleluasaan akar tumbuh kesegala arah oleh sebab itu tanaman dapat menjadi lebih sehat.

Nah, itu dia sedikit pembahasan tentang manfaat sabut kelapa yang bisa membuka peluang bisnis. Semoga pembahasan kali ini dapat menambah wawasan dan ilmu kita semua. Sekian Terima Kasih.