Categories
Uncategorized

Kegunaan Batang Pohon Kelapa

Apakabar teman teman sekalian berjumpa lagi dengan akuyang akan menjelaskkan tentang artikel yang berjudul kegunaan batang pohon kelapa

Pohon Kelapa

Pohon kelapa dengan bentuk batang yang tunggal atau kadang-kadang bercabang ini. Akar yang berbentuk serabut, tebal dan juga seperti berkayu, berkerumun membentuk sebuah bonggol, adaptif pada sebuah lahan yang berpasir pantai. Batang dari pohon kelapa ini yaitu memiliki ruas namun bila ia sudah tua tidak akan terlalu tampak dipanddang mata, khas dari tipe pohon monokotil ini dengan pembuluh yang menyebar (tidak konsentrik), berkayu.

Kayunya dari pohon kelapa ini kurang baik untuk kita gunakan untuk bahan bangunan. Daun dari pohon kelapa ini merupakan daun yang berbentuk tunggal dengan penuh tulangan dengan bentuk menyirip, daun bertoreh sangat dalam sehingga akan lebuh tampak seperti daun majemuk. Bunga dari pohon kelapa ini tersusun majemuk pada rangkaian yang dilindungi oleh bunga jantan dan betina yang serumah satu, bunga betina terletak pada pangkal karangan, sedangkan bunga jantan ini berada pada bagian yang jauh dari pangkal.

Buah yang amat besar, ini diameter 10 cm hingga 20 cm atau bahkan dapat lebih, berwarna kuning, hijau, atau cokelat; buah kelapa ini tersusun dari sebuah mesokarp berupa serat kulit kelap yang berlignin, disebut dengan nama sabut kelapa, melindungi bagian dari endokarp yang sangat keras (disebut dengan nama batok) dan kedap air; endokarp melindungi biji yang hanyaakan dilindungi oleh membran yang melekat pada sisi dalam endokarp.

Endospermium merupakan cairan yang banyak mengandung enzim, dan fase padatannya dapat mengendap pada bagian dinding dari endokarp seiring dengan waktu tuanya buah; embrio kecil dan baru akan membesar ketika buah siap untuk kita membukanya berkecambah (disebut kentos).

Kelapa secara alami tumbuh di bagian wilayah pantai dan pohonnya pun akan mencapai ketinggian sampai dengan 30 m. Ia berasal dari wilayah pesisir Samudra Hindia, tetapi kini telah tersebar di seluruh wilayah tropika termasuk indonesia. Tumbuhan ini dapat tumbuh sampai panjang 1.000 m dari permukaan air laut, tetapi seiring dengan waktu juga akan meningkat ketinggian, ia akan mengalami pelambatan pertumbuhan yang akan terus bertumbuh.

Tanaman kelapa dapat tumbuh dengan maksimal pada daerah yang bercurah hujan 1.300 hingga 2.300 mm per-tahunnya, tetapi tanaman kelapa ini juga akan tetap dapat tumbuh meski curah hujan di daerah penanaman mencapai 3.800 mm per-tahun asalkan drainase tanah sangat baik. Angin sangat berperan penting dalam penyerbukan dari bunga (untuk penyerbukannya bersilang) dan transpirasi dari buahnya.

Penyinaran yaitu hanya dapat diakukan minimum kelapa adalah 120 jam/bulan sebagai sumber energi fotosintesis. Bila ternaungi, pertumbuhan dari tanaman muda dan buah akan tumbuh terhambat. Kelapa tumbuh optimal pada suhu yaitu 20-27 derajat C dan sangat peka pada suhu yang begitu rendah. Pada suhu < 15 derajat C, perubahan fisiologis dan morfologis dari pohon kelapa akan terjadi.

Kelapa akan tumbuh dengan sangat baik jika kelembapan (rH) bulanan rata-rata 70-80%, dan rH minimumnya 65%. Bila rH udara rendah atau evapotranspirasi tinggi, tanaman akan kekeringan dan buah pun juga akan jatuh lebih awal (sebelum masak), tetapi bila rH terlalu tinggi hama dan penyakit tanaman akan mudah menyerang timbul. Tanaman kelapa tumbuh optimal di dataran yang rendah atau pada ketinggian 0–450 m dpl. Pada ketinggian 450–1000 m dpl kelapa akan lebih lambat berubah, produksi sedikit, serta kadar minyaknya rendah.

Tanaman kelapa ini dapat tumbuh pada beberapa jenis tanah yaitu aluvial, vulkanis, laterit, berpasir, tanah liat, ataupun tanah berbatu, tetapi tanah yang paling baik untuk bibit pohon kelapa pertumbuhan pada endapan aluvial. Kelapa dapat tumbuh dengan baik pada pH 5-8, dan optimumnya pada pH 5.5-6,5. Pada tanah dengan pH di atasrata rata 7.5 dan tidak terdapat keseimbangan unsur hara yang cukup, tanaman kelapa sering menunjukkan gejala-gejala dengan defisiensi, seperti defisiensi besi atau mangan.

Kelapa sangat membutuhkan kandungan air tanah yang sama dengan laju evapotranspirasirasi atau dalam bahasa lainnya air tanah yang cukup tersedia. Keseimbangan dari air tanah ini juga dipengaruhi oleh sifat fisik tanah terutama struktur, kandungan bahan organik dan keadaan yang menutup tanah. Kedalaman solum tanah yang banyak dikehendaki minimal 80–100 cm.

Tanaman kelapa membutuhkan lahan yang membentuk datar dengan tingkat kemiringan 0-3%. Pada lahan yang tingkat kemiringannya tinggi yakni antara 3-50%, areal tanaman kelapa harus dapat dibuat berteras, tujuannya hanya untuk mencegah bencana erosi, mempertahankan kesuburan dari tanah, serta memperbaiki tanah yang mengalami erosi berlebihan.

Kelapa ini juga merupakan pohon serba guna bagi masyarakat tropika. Hampir semua bagiannya dapat untuk masyarakat manfaatkan. Kayu dari batangnya, yang disebut dengan nama kayu glugu, dipakai oleh sebagian orang sebagai kayu dengan mutu menengah, dan dapat dipakai sebagai papan untuk rumah berdiri.

Banyak orang mengira bahwa hanya buah kelapa saja yang dapat dimanfaatkan namun pada kenyataanya sebua bagian dari seluruh bagian dapat dimanfaatkan.

Padahal manfaat pohon kelapa untuk kita ada banyak, mulai dari bagian akar hingga bagian bunga kelapa dapat untuk kita manfaatkan untuk kehidupan manusia, seperti pemanfaatan batang pohon kelapa di bawah ini.

Pengganti Kayu Konstruktif

Manfaat pohon kelapa bagian batang berikutnya adalah bagian batangnya yang begitu keras dapat untuk kita gunakan sebagai pengganti kayu di pembuatan bangunan atau perabotan.Batang pohon kelapa memiliki struktur yang begitu kerapatan yang tinggi, sehingga dapat untuk diolah menjadi berbagai macam furnitur dan sebagai komponen bangunan rumah.

Barang Kerajinan

Batang kelapa juga dapat kita olah menjadi beragam dari produk atau barang kerajinan yang memiliki ciri kas yang unik dengan nilai jual yang begitu tinggi.Contoh kerajinan tangan dari bahan ini diantaranya yaitu mainan untuk para anak-anak, aneka souvenir, tempat lilin, dan berbagai bahan alat-alat rumah tangga.3. Bahan Pembuatan Kertas
Tahukah kamu bahwa batang kelapa ini dapat untu diubah menjadi kertas?

Bahan Pembuatan Arang

Berkat perkembangan dari teknologi, kini batang dari pohon kelapa sudah mulai dikembangkan oleh beberapa industri sebagai sumber energi untuk pembuatan arang batang pohon kelapa.

Demikian penjelasan yang dapat aku sampaikan mengenai artikel yang berjudul kegunaan batang pohon kelapa bila masih ada kesalahan kata akau mohon maaf semoga bermanfaat .