Categories
Uncategorized

Baceman Bawang Putih Untuk Kuah Bakso Yang Enak Dan Segar

Baceman bawang putih untuk kuah bakso yang enak dan segar memang sangat mudah dibuat sendiri dirumah, kalian bisa membuatnya untuk kuah bakso.

Manfaat Bakso

Baceman Bawang Putih Untuk Kuah Bakso

1. Pengaturan Suhu Tubuh

Keefektifan pertama bakso bisa membantu Anda mengatur suhu tubuh. Makanan ini juga dapat mengatur suhu tubuh, sehingga suhu tubuh nantinya dapat dikontrol dengan sangat baik. Selain itu, dapat membantu meningkatkan fungsi otot, karena oksigen yang disuplai dengan zat besi dapat diangkut dengan benar dan optimal.

2. Mengangkut Oksigen Ke Seluruh Tubuh


Bakso ini mengandung zat besi yang menunjang sirkulasi oksigen dalam tubuh sehingga dapat terdistribusi secara optimal dan seluruh organ tubuh dapat berfungsi dengan baik dan optimal.

3. Membantu Pembentukan Hemoglobin


Ternyata khasiat bakso bisa membantu Anda membangun hemoglobin, karena kandungan di dalam bakso mengandung zat besi yang bisa memberi warna merah tua pada sel darah merah. Sehingga nantinya produksi hemoglobin meningkat dan kebutuhan tubuh akan hemoglobin ini terpenuhi dengan baik.

4. Membantu Sistem Saraf


Kandungan makanan tersebut berperan dalam pembentukan beberapa serotonin dan neurotransmiter esensial. Kedua bahan ini kemudian berperan dalam mengolah dan mengirimkan sinyal saraf agar otak dan saraf nantinya dapat berfungsi secara optimal.

5.Meningkatkan Sistem Imun


Bakso juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Ini karena kandungan dalam makanan tersebut mengandung senyawa yang mencegah risiko terserang berbagai penyakit. Selain itu, makanan ini juga merupakan komponen penting dalam produksi enzim dan komponen lain dalam tubuh seperti mioglobin dan katalase.

6. Pencegahan dan Penyembuhan Anemia


Bagi Anda, kekurangan darah merupakan penyakit yang membutuhkan senyawa dalam bakso. Untuk kembali dengan cepat dan membentuk darah merah secara drastis. Makanya, jika seseorang mengalami anemia, banyak yang merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan kaya zat besi ini.

7. Membantu Dalam Pembentukan Enzim


Selain mencegah dan menyembuhkan anemia, bakso memiliki beberapa manfaat lain. Salah satunya membantu dalam pembentukan enzim. Dengan bantuan bahan makanan ini, berbagai jenis enzim penting seperti katalase, mioglobin, dan sitokrom terbentuk.

8. Mendukung Dalam Pembentukan Fungsi Otak


Otak ini membutuhkan senyawa dalam makanan ini karena makanan ini sangat baik untuk pertumbuhan. Suplai oksigen dari senyawa yang terdapat pada bakso juga membantu fungsi otak secara normal.

9. Membantu Metabolisme


Setiap makanan yang dikonsumsi tubuh membutuhkan metabolisme yang sehat, karena pembentukan enzim oleh zat di dalam bakso memainkan peran penting dalam hal ini.

10. Membantu Diet


Kebanyakan orang dalam program diet menghindari makan bakso. Ini karena akan membuat berat badan bertambah. Ternyata anggapan tersebut salah, ternyata makanan ini sebenarnya sangat baik untuk dikonsumsi saat diet. Ini dilakukan karena makanan ini bisa membuat seseorang kenyang lebih lama.

Manfaat Bawang Putih

Baceman Bawang Putih Untuk Kuah Bakso

1. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Salah satu manfaat bawang putih bagi kesehatan adalah menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Hal tersebut telah dibuktikan dengan penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutritional Biochemistry.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat bawang putih juga dapat melindungi penderita diabetes dari kardiomiopati (penyakit kronis pada otot jantung). Fakta ini muncul dari hasil studi yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry.

3. Mencegah Flu

Apakah Anda sering masuk angin? Cobalah makan bawang putih. Menurut penelitian yang diterbitkan oleh dokter keluarga Amerika, konsumsi bawang putih secara teratur dapat mengurangi dan mencegah influenza.

4. Pengurangan Risiko Osteoartritis

Manfaat bawang putih lainnya adalah pencegahan osteoartritis. Sebuah studi tentang subjek tersebut dilakukan di King’s College London dan Universitas East Anglia. Studi tersebut menemukan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi bawang putih dalam makanan sehari-hari memiliki penurunan risiko terkena osteoartritis. Osteoartritis adalah peradangan pada persendian yang sering berkaitkan dengan penuaan.

5. Mengurangi Risiko Kanker Paru-paru

Jika Anda menikmati makan bawang putih mentah, kebiasaan itu harus anda lanjutkan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Prevention Research, manfaat mengonsumsi bawang putih mentah terkait dengan penurunan risiko kanker paru-paru.

6. Mencegah Alzheimer dan Demensia

Salah satu khasiat bawang putih adalah mengurangi risiko berbagai penyakit. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan pada bawang putih. Kandungan ini bisa membantu melawan radikal bebas. Dengan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, antioksidan tidak hanya menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, tetapi juga menurunkan risiko penyakit otak seperti Alzheimer dan demensia.

7. Memberikan Efek Detoksifikasi

Manfaat bawang putih untuk efek detoksifikasi berasal dari kandungan sulfur pada bawang putih. Dalam dosis tinggi, kandungan ini menunjukkan efek perlindungan atau perlindungan organ tubuh dari racun logam yang mungkin ada di dalam tubuh.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Sebuah studi tentang ekstrak bawang putih kering pada wanita menopause. Hasil penelitian menunjukkan penurunan tingkat defisiensi estrogen yang menyebabkan osteoporosis pada seseorang.

9. Pencegahan Kerusakan Hati

Kerusakan hati terutama disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti konsumsi minuman beralkohol dalam jangka panjang. Namun hal ini bisa dicegah dengan menjaga khasiat bawang putih.

10. Mencegah Kelahiran Prematur

Penyebab paling umum dari kelahiran prematur adalah infeksi selama kehamilan. Bawang putih dipercaya memiliki efek antimikroba yang dapat mencegah infeksi dan menurunkan risiko kelahiran prematur.

Resep Baceman Bawang Putih Untuk Kuah Bakso

Bahan – bahan:

  • 3 potong iga sapi.
  • 1,5-2 liter air.
  • 4 siung bawang putih, haluskan.
  • 2 batang daun bawang.
  • 1 sdt baceman bawang.
  • 2-3 batang seledri.
  • Sediakan Bakso sapi dan tahu bakso (kalau ada).
  • Garam.
  • 1 sdt Merica.
  • Penyedap rasa.
  • Bawang merah goreng.

Cara Buat Baceman Bawang Putih Untuk Kuah Bakso:

  1. Cuci iga sapi, lalu masak dalam air mendidih selama sekitar 5-10 menit atau sampai muncul buih. Kemudian angkat airnya dan bilas dengan air bersih.
  2. Pisahkan daun bawang dan batang seledri, potong kasar, lalu masak dalam panci bertekanan bersama dengan tulang rusuk, bawang putih yang digiling halus, 1 sendok teh garam dan merica selama 45 menit (karena presto mendesis). Matikan kompor dan tunggu sampai presto berhenti mendesis, lalu buka tutupnya dan nyalakan kompor lagi.
  3. Ambil sisa daun bawang, iris dan tambahkan dengan bawang baceman. Untuk bawang baceman bisa dimasukkan langsung ke dalam dan dibakar terlebih dahulu, yang pasti akan semakin harum jika diaduk terlebih dahulu.
  4. Masukkan bakso dan bakso tahu lalu masak hingga mengembang.
  5. Masukkan ke dalam mangkok berisi garam dan penyedap rasa, lalu tuangi dengan kuah bakso panas, taburi irisan seledri dan bawang goreng.
  6. Anda bisa menambahkan kecap dan kecap jika mau. Jika saya lebih suka yang bening dan beraroma, tambahkan saja lada.
  7. Terasa, hmmm … segar

Kalian juga bisa menambahkan keripik bawang di dalamnya, yang mau resep keripik bawang yuk dicek resepnya.

Jika anda ingin mengupas bawang lebih mudah dan lebih praktis gunakanlah mesin pengupas bawang karena pada umumnya menggunakan sistem manual, dan itu biasanya lama prosesnya. Untuk lebih mudahnya proses pengupasan bawang merah dan bawang putih. Sehingga anda tidak perlu cape – cape mengupas bawang dan mempercepat pengerjaan terutama bagi penjual sambal bawang.

Mungkin itu informasi dan resep dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terimakasih