Categories
Cleaning Service

Perhatikan! Ini Langkah Untuk Jaga Kebersihan Lampu Hias Tetap Bersih Berkilau

Lampu hias di rumah Anda terlihat seperti mulai redup? Itu mungkin karena Anda yang tidak menjaga kebersihan lampu hias itu. Membiarkannya tertutup debu dan kotoran. Sehingga membuat cahaya lampunya tidak terpancar maksimal.

Penggunaan lampu hias saat ini memang semakin digemari. Kesannya yang mewah dan elegan banyak disukai untuk mempermanis ruangan. Tapi sayang, kebersihannya masih seringkali terabaikan. Nah, bagaimana dengan lampu hias rumah Anda?

baca juga: jasa bersih rumah Batam

4 Langkah Jaga Kebersihan Lampu Hias Agar Bersih Berkilau

Saat pertama kali, lampu hias pasti terlihat cantik berkilau. Akan tetapi seiring dengan penggunaan sehari-hari, lampu tentu menjadi kotor. Cahaya yang diterima ruangan pun menjadi berkurang. Begitu juga tampilannya yang jadi tak enak dipandang.

Maka dari itu, agar lampu hias tetap berkilau maka kebersihannya harus dijaga. Caranya yaitu dengan membersihkannya secara rutin. Bagaimana melakukannya? Perhatikan di bawah ini:

  • Bersihkan Menggunakan Kemoceng

Pertama yang bisa Anda lakukan ialah membersihkan lampu dengan kemoceng. Kemoceng sendiri merupakan alat untuk membersihkan debu. Di mana ini paling tepat dilakukan untuk langkah pembersihan harian.

Namun perlu Anda ingat, kemoceng hanya bisa untuk kotoran ringan. Sementara untuk yang lebih susah sebaiknya gunakan kain lap. Seperti lap kain microfiber yang aman dan tidak meninggalkan goresan pada lapisan kaca lampu.

  • Gunakan Cairan Pembersih Khusus

Disarankan gunakan cairan pembersih khusus kaca. Di mana di dalamnya sudah diformulasikan lebih kuat. Sehingga mampu membuat lampu hias kembali bersih berkilau.

Setelah dengan cairan pembersih, jangan lupa ulangi lagi mengelap lampu. Tapi kali ini cukup dengan air bersih agar tidak membekas.

Alternatif lain selain pembersih khusus kaca, bisa gunakan cairan pembersih piring. Caranya, campurkan beberapa tetes cairan itu ke dalam air. Kemudian gunakan dengan menyemprotkannya ke lampu.

baca juga: cleaning service batam

  • Bongkar Lampu Hias

Bagi sebagian orang cara ini memang terbilang cukup sulit. Tapi tenang, ini aman dilakukan. Yang terpenting pastikan aliran listrik sudah dimatikan.

Meskipun agak susah, tapi cara ini punya nilai plus. Kebersihan lampu hias dapat benar-benar terawat. Karena dengan membongkar, Anda bisa bersihkan lampu lebih detail. Menjangkau menyeluruh hingga ke bagian dalamnya.

Saat membongkar, perhatikan posisi bagian-bagian lampu. Teliti dan ingat detail dengan benar. Supaya mudah memasangnya kembali saat selesai dibersihkan.

  • Bersihkan Lampu Secara Menyeluruh

Ada banyak jenis lampu hias dengan berbagai tipe dan ukuran. Kendati begitu, pastikan Anda membersihkannya secara menyeluruh. Jangkaulah semua bagian-bagian lampu dan bersihkan. Jangan sampai ada yang terlewat. Setelah itu, bilas sampai bersih dengan menggunakan air.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membersihkan Lampu

Selain langkah-langkah di atas, ada hal lain yang harus diperhatikan saat membersikan lampu hias. Apa saja itu? Berikut diantaranya:

  • Bersihkan dengan Hati-Hati

Lampu hias sangat rawan dan mudah rusak. Entah itu mengalami retak, tergores atau pecah. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat membersihkannya.

Usahakan lakukan pembersihan dengan lembut. Jangan tekan lampu terlalu kuat atau menggosok terlalu keras. Hindari juga menggunakan alat-alat tajam. Serta pastikan agar lampu tidak jatuh atau terbentur.

  • Pastikan Matikan Listrik Lebih Dulu

Ketika hendak membersihkan lampu, pastikan aliran listrik sudah diputus. Cabut semua kabel yang terhubung pada lampu. Lalu biarkan beberapa saat agar suhu lampu menjadi normal. Baru kemudian mulai pembersihannya.

Ini untuk mencegah risiko Anda terkena setrum. Juga agar lampu bisa lebih awet. Selain itu, hindari terkena air untuk mencegah terjadinya korsleting.

Menjaga kebersihan lampu hias sebenarnya tidak begitu sulit. Apalagi Anda juga tidak perlu sering-sering membersihkannya. Kalau pun memang tak ingin repot, gunakan saja jasa pembersihan lampu untuk merawat lampu tetap bersih berkilau.