Categories
Wisata

Daya tarik Arsitektur goa sunyaragi Cirebon yang unik

Berlibur dengan menggunakan jasa travel jakarta cirebon dari nalatra bisa anda manfaatkan untuk menyambangi beberapa destinasi wisata menari. Satu diantara tempat yang wajib anda singgahi adalah goa sunyaragi.

goa sunyaragi cirebon nalatra.com

Bila anda ingin mengetahui lebih banyak tentang asal asul Goa Sunyaragi di Cirebon, baca artikel ini sampai tuntas, banyak informasi yang mungkin belum anda ketahui tentang tempat wisata yang satu ini.

Pertama kali anda menapakan kaki di kompleks cagar budaya yang satu ini pasti akan menimbulkan kesan bahwa tempat ini seolah mengandung sesuatu berbaru misteri. Namun, faktor ini pula yang menjadi daya tarik mengapa banyak pengunjung berminat mendatangi goa sunyaragi cirebon.

Kesampingkan dulu banyak kisah mistis dari tempat ini, karena pada dasarnya tempat ini memberikan sesuatu yang eksotis lewat arsitektur bangunan unik yang ada disekitar goa.

Buang persepsi anda tentang bangunan goa yang notabene adalah lubang yang tertanam didalam tanah, Goa Sunyaragi adalah bangunan yang muncil diatas permukaan tanah.  Bahkan, bila anda mengamati secara seksama goa sunyaragi ini lebih tepat bila disebut sebagai candi.

Kompleks Goa Sunyaragi termasuk dalam situs budaya peninggalan dari Keraton Pakungwati di masa pemerintahan Kesultanan Cirebon. Rata rata bentuk bangunan disini menghadirkan arsitektur kuno dari abad pertengahan.

Konsep bangunan disini menggabungkan seni arsitektur kuno dan modern dengan tetap mengedepankan  filosofi akar budaya setempat. Tak heran bila anda akan merasakan paduan dari beberapa teknik bangunan yang populer dimasa sekarang. Goa sunyaragi cirebon menempati tempat kurang lebih 15 hektar. Nama lain dari tempat ini sering pula dikenal sebagai Taman Sari Sunyaragi. 

Asal Usul Goa sunyaragi Cirebon

Sebutan ‘Sunyaragi’ merupakan gabungan dua kata yakni “sunya” yang bermakna sepi dan kata “ragi” yang bermakna raga. Bila anda mengerti atau memiliki perbendaharaan kata dari bahasa sansekerta mungkin faham maksud dari paduan dua kata tersebut.

Konon, tempat ini adalah sebuah lokasi dimama para pemimpin kerajaan di cirebon menyendiri dan instrospeksi mencari ketenangan. Menurut cerita yang beredar, goa sunyaragi dulunya adalah bangunan yang sekelilingnya di aliri air hingga membentuk danau yang bernama danau jati.

Untuk informasi berkelanjutan tentang tempat ini secara utuh, anda bisa langsung datang dan berkunjung menikmati berbagai keunikan yang ada ditempat ini.

Namun bagi penikmat informasi travel dan wisata lokal indonesia, silahkan menuju channel youtube yang banyak menyediakan info tentang destinasi wisata menarik di wilayah cirebon dan sekitarnya.