Categories
Uncategorized

Tips Membeli Domba Aqiqah Bandung

Tips Membeli Domba Aqiqah Bandung – Aqiqah merupakan salah satu ibadah dalam Islam yang dianjurkan dalam syariat Islam. Aqiqah ini merupakan wujud syukur atas kelahiran bayi yang dikaruniakan oleh Allah keluarga tersebut. Wujud dari aqiqah itu adalah penyembelihan hewan kambing yang jumlahnya disesuaikan dengan jenis kelamin apakah laki-laki atau perempuan.

Dua ekor kambing dianjurkan untuk bayi laki-laki sementara untuk bayi perempuan seekor kambing saja. Namun juga diperbolehkan menyembelih seekor kambing untuk bayi laki-laki. Untuk mendapatkan kambing aqiqah ini, anda bisa menghubungi jasa penjualan domba aqiqah Bandung.

Untuk jenis kelamin kambing yang akan digunakan untuk hewan aqiqah sendiri, bisa menggunakan kambing jantan maupun kambing betina. Sementara itu, waktu utama yang dianjurkan untuk melaksanakan aqiqah ialah hari ketujuh setelah kelahiran. Sekalipun ada dalil lain yang memperbolehkan untuk beraqiqah selain pada hari ketujuh tersebut.

Memilih domba aqiqah Bandung pun gampang-gampang susah. Banyak penjual domba, namun yang menawarkan domba yang memenuhi syarat aqiqah dan sehat, mungkin tidak semuanya. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini, kami akan memberikan tips membeli domba aqiqah Bandung.

Cara Memilih Domba Aqiqah Bandung

Yang perlu diketahui ialah bahwa aqiqah merupakan ibadah yang ada syarat sahnya. Salah satu yang vital ialah domba yang akan disembelih untuk aqiqah. Pastikan bahwa domba aqiqah itu benar-benar m memenuhi syarat dan sehat.

Sebenarnya syarat hewan aqiqah untuk aqiqah hampir sama dengan hewan qurban, diantaranya ialah sudah cuku umur, tidak cacat, sehat dan tidak ada bagian hewan yang terpotong.

Untuk lebih jelasnya, berikut ialah ciri-ciri domba aqiqah yang memenuhi syarat untuk aqiqah:

  1. Domba aqiqah tentu saja harus terlihat bagus secara fisik, gerakannya juga lincah, serta mempunyai mata yang awas, nafsu makan tinggi, bulu domba yang halus, dan syarat sehat yang lainnya.
  2. Pastikan anda juga memilih domba yang badan serta telinganya panjang, kalau bisa memilih juga yang gemuk. Untuk memastikan apakah domba tersebut gemuk atau tidak, anda bisa memegang punggu domba, jika ada bagian menonjol namun bukan tulang, itu menandakan bahwa dombanya gemuk.

Namun jika sebaliknya, maka domba tersebut masuk kategori kurus.

  1. Seperti yang sudah disampaikan di atas pastikan anda memilih domba yang sudah cukup umurnya. Untuk melihat apakah domba sudah memenuhi syarat atau belum ialah dengan melihat apakah gigi susunya sudah berganti dengan gigi besar, setidaknya dua gigi.

Biasanya kambing dengan ciri tersebut sudah berumur lebih dari 1 tahun.

Setidaknya 3 pertimbangan di atas yang bisa anda perhatikan dalam memilih domba aqiqah di Bandung. Bagi yang sudah berpengalaman mungkin sudah biasa dengan cara membeli domba di atas. namun tentu saja membingungkan bagi mereka yang benar-benar awam tentang domba aqiqah. Kalau ketiban apes, bisa jadi mendapatkan domba yang tidak memenuhi syarat aqiqah.

Intinya ialah jangan mudah tergiur dengan harga yang murah, atau di bawah rata-rata, bisa jadi domba aqiqah tersebut akan bermasalah. Amannya memang membawa teman atau saudara yang paham tentang domba yang memenuhi syarat.

Akan tetapi jika anda tidak mau repot dalam memilih domba aqiqah Bandung yang berkualitas, anda bisa datang ke layanan domba aqiqah yang terpercaya, berpengalaman dan profesional pastinya jasa tersebut akan memberikan domba bagus, dan tidak akan mau mempertaruhkan reputasinya dengan memberikan domba jelek kepada pelanggannya.

baca juga paket aqiqah cimahi