Categories
Bisnis Jasa

Cara Perhitungan Budget Jasa Pembuatan Aplikasi Android Jakarta

Budget memang menjadi pertimbangan utama bagi pebisnis dalam mengarahkan investasinya. Apalagi dalam menggunakan jasa pembuatan aplikasi Android Jakarta yang cukup rumit. Untuk itu, berikut akan memaparkan cara perhitungkan dana yang Anda butuhkan.

Cara Perhitungan Budget Jasa Pembuatan Aplikasi Android Jakarta

Sebelum mulai memesan jasa pembuatan aplikasi Android Jakarta dan jika Anda ingin mengetahui perkiraan budget, maka bisa mulai melakukan cara perhitungan sederhana. Akan tetapi ingat bahwa ini hanya sebagai standar estimasi saja.

  • Tentukan Model Aplikasi

Hal utama yang harus Anda lakukan adalah dengan menentukan model aplikasinya terlebih dahulu. Bagian ini mencakup modul, fitur, fasilitas, fungsional, output hingga desain dari program itu sendiri. Sebab, pada umumnya setiap model memiliki harga sendiri tergantung dari kesulitannya.

Dalam hal tersebut, Anda bersama tim konsultasi harus merencanakan desain kasaran serta ide konten atau sejenisnya sehingga bisa memperkirakan teknologi yang akan digunakan. Misalnya toko online, maka membutuhkan desain seperti payment, produk, cara order, keranjang dan sebagainya.

  • Resource Teknologi

Resource teknologi adalah bagian terpenting yang menentukan seberapa besar budget yang akan Anda butuhkan nantinya. Untuk itu, dalam hal ini harus menentukan teknik apa yang tepat untuk membuat aplikasi rancangan tersebut.

Misalnya UI/UX adalah teknologi pembuat desain sedangkan JAVA adalah developernya. Akan tetapi budgetnya cukup tinggi meskipun mampu memberikan hasil terbaik dan juga sebagai teknologi paling populer untuk Android. Walaupun begitu tidak perlu khawatir karena masih banyak alternatif lainnya.

  • Perhitungan Biaya

Sebelum melakukan perhitungan biaya, Anda perlu memberikan tenggat waktu terlebih dahulu supaya program bisa segera terselesaikan. Sebab, beberapa jasa juga mematok harga berdasarkan lama waktu pengerjaan. Kemudian untuk contoh perhitungan yang paling mudah yaitu:

  • Resource Teknologi per bulan    = Rp 35 juta
  • Pengaturan                               = Rp 3 juta (termasuk google play, App Store,  vps)
  • Management                             = Rp 21 juta (umumnya jasa mengambil fee sebanyak 30%)

Misalkan lama waktu pengerjaan Anda adalah 2 bulan, artinya total budget yang Anda butuhkan sekitar Rp 70 juta + Rp 3 juta + Rp 21 juta = Rp 95 juta. Itulah kira-kira dana yang harus disiapkan sebelum memesan jasa pembuatan aplikasi Android  Jakarta.