Categories
Teknologi

Jenis ,ciri dan cara mengatasi laptop rusak

Umumnya kerusakan pada Laptop itu bermacan – macam dan sangat bervariasi, dibawah ini beberapa kerusakan laptop secara umum yang sering kita hadapi :a) Laptop mati totalb) Laptop nyala tapi tidak tampil / blankc) Laptop dropd) Laptop nyala tapi tampilan layar redupe)

Laptop bluescreen
Komponen yang penting dari motherboard adalah chipset mikroprosesor pendukung, yang menyediakan antarmuka yang mendukung antara CPU dan berbagai bus dan komponen eksternal. Chipset ini menentukan, ke mana, fitur dan kemampuan dari  sebuah motherboard.

Memahami cara kerja dan struktur komponen pada motherboard adalah langkah awal untuk mampu menganalisa sebuah motherboard bekerja dengan baik atau tidak.Sehingga dengan melihat gejalanya saja kita sudah mampu berasumsi permasalahan terletak pada bagian mana.Pengetahuan ini akan memperkecil ruang analisa yang dapat mempercepat waktu dalam menemukan permasalahan yang terjadi pada motherboard.

Motherboard knowledge  dapat di ringkas menjadi beberapa bagian saja yaitu :

Konduktor/Jalur pada sircuit motherboard 

Konduktor adalah penghantar listrik yang menghubungkan antara komponen pada elektronik sircuit pada motherboard.Konduktivitas logam penghantar sangat dipengaruhi oleh unsur – unsur pemadu, impurity atau ketidaksempurnaan dalam kristal logam, ketiganya banyak berperan dalam proses pembuatan penghantar itu sendiri.

Unsur – unsur pemandu selain mempengaruhi konduktivitas listrik, akan mempengaruhi sifat – sifat mekanika dan fisika lainnya. Penghantar tenaga listrik, selain mensyaratkan konduktivitas yang tinggi juga membutuhkan sifat mekanis dan fisika tertentu yang disesuaikan dengan penggunaan penghantar itu sendiri.

Konduktor atau jalur pada sircuit elektronik memiliki peranan penting dalam interfacing antar komponen.kerumitan lalu lintas dalam motherboard Laptop membutuhkan schema dalam menentukan arah dan hubungan antar komponen.

Pada materi ini selain diajarkan tentang fungsi komponen dan hubungan komponen dalam sirkuit motherboard,juga diajarkan cara menbaca schema,symbol,letter kode komponen dan permasalahan umum pada sirkuit board untuk memudahkan melihat hubungan antar komponen pada motherboard.

Power suplay

Power suplay adalah perangkat yang mensuplay energi listrik ke satu atau lebih beban listrik. Istilah ini paling sering diterapkan untuk perangkat yang mengubah satu bentuk energi listrik kepada yang lain. mengontrol tegangan output untuk nilai tertentu, nilai dikendalikan menjadi konstan.

Power Suplay dapat diimplementasikan sebagai perangkat, diskrit yang berdiri sendiri atau sebagai perangkat terpisahkan yang didesain untuk beban dan didalam Laptop motherboard dipergunakan tegangan rendah DC . Kebanyakan Motherboard Laptop memiliki power suplay yang dikemas dalam integrasi sirkuit yang disingkat dengan (PU).chip inilah yang mengatur pembagian suplay tegangan kesemua komponen yang menbutuhkannya.

Selain memiliki chip yg terintegrasi juga memiliki diskrit komponen seperti diode sebagai penyearah,kapasitor sebagai penstabil tegangan.induktor sebagai pendukung integrated sirkuit dan beberapa pendukung power lainnya. Power suplay knowledge meliputi dasar dasar elektronika ,smd komponen(integrated sircuit dan komponen)cara kerjanya,fungsi dan cara mengukurnya serta cara memahami datasheetnya.

Interface 

Dalam elektronik dan teknik computer, sebuah interface/antarmuka dapat berarti:

  • Batasan fisik dari dua subsistem atau alat.
  • Sebuah bagian atau sirkuit di beberapa subsistem yang mengirim atau menerima sinyal ke atau  dari  subsistem lainnya: seperti antara chip satu dengan chip lainnya.
  • Sebuah standar yang menjelaskan sebuah himpunan karakteristik yang berfungsi, karakteristik interkoneksi fisik umum, dan karakteristik signal untuk pertukaran data atau signal; antarmuka usb,antarmuka scsi.dan lain lain.
  • Memahami teknik antarmuka antar komponen motherboard,dengan mengenali karakter chip dan cara kerjanya serta cara berhubungan dengan komponen yang lain.


Microcontroler

Mikrokontroler adalah perangkat elektronika digital yang mempunyai input dan output serta kendali dengan program yang bisa ditulis dan dihapus dengan cara khusus. cara kerja mikrokontroler sebenarnya hanya membaca dan menulis data. mudahnya, bayangkan diri Anda saat mulai belajar membaca dan menulis, ketika Anda sudah bisa melakukan hal itu Anda mulai bisa membaca tulisan apapun baik itu tulisan buku, cerpen, artikel dan sebagainya, dan Andapun mulai bisa menulis hal-hal sebaliknya.

Begitu pula jika Anda sudah mahir membaca dan menulis data pada mikrokontroler maka Anda dapat membuat program untuk membuat suatu sistem pengaturan menggunakan mikrokontroler sesuai dengan keinginan Anda.

Mikrokontroler merupakan komputer didalam chip yang digunakan untuk mengontrol peralatan elektronik, yang menekankan efisiensi dan efektifitas biaya. Secara harfiahnya bisa disebut “pengendali kecil” dimana sebuah sistem elektronik yang sebelumnya banyak memerlukan komponen-komponen pendukung seperti IC TTL dan CMOS dapat direduksi/diperkecil dan akhirnya terpusat serta dikendalikan oleh mikrokontroler ini.

Perangkat lunak(software) BIOS dibangun pada motherboard computer berdasarkan system microcontroler, dan merupakan kode pertama yang dijalankan oleh computer saat diaktifkan (‘firmware boot’).

Fungsi utama BIOS adalah untuk mengatur hardware dan beban(load) dalam memulai sebuah sistem operasi ketika computer dijalankan, pekerjaan pertama untuk BIOS adalah untuk menginisialisasi dan mengidentifikasi perangkat sistem seperti video ,keyboard,  mouse, hard disk drive, disk drive optik dan perangkat keras lainnya.

BIOS kemudian menempatkan perangkat lunak pada perangkat periferal (yang ditunjuk sebagai ‘perangkat boot’), seperti hard disk atau CD / DVD, dan mengeksekusi perangkat lunak tersebut serta memberikan kendali .Proses ini dikenal sebagai boot, atau boot up, yang merupakan kependekan dari bootstrap.

Sebuah komponen penting dari motherboard adalah chipset mikroprosesor pendukung, yang menyediakan antarmuka yang mendukung antara CPU dan berbagai buses dan komponen eksternal. Chipset ini menentukan, ke mana, fitur dan kemampuan dari motherboard.

Bagian-bagian yang terintegrasi dengan motherboard adalah:

  • Chips :ICH(I.O controller hub), ICH dalam bahasa mudahnya adalah central pengatur lalu lintas komponen dalam motherboard.kalau dilihat didalam schematic,hampir semua komponen terhubung kepada ich,merk ICH Intel,sis,via dan lain-lain mempunyai karaker sendiri sendiri..jika dalam pemeriksaan kerusakan device dalam motherboard power device,komponen ataupun jalur tidak ditemukan tanda tanda kerusakan,maka dapat dipastikan permasalah timbul pada ICH yang berfungsi sebagai penghubung device komponen chip tersebut,perbaikan ICH dibahas di tingkat menengah dan profesional.


Bagian bagian yang lebih dekat terintegrasi dengan ich adalah,bios(eprome),usb,wifi,modem,sound dan vga.

  • Vga Chip-Northbridge chip-Super I.O CHip.
  • Componen ic,kapasitor,diode,relay,filter,regulator,crystal,resistor,dll.
  • Soket dan konektor :Soket procesor(optional)soket memori-soket bluetooth-soket Hardisk-soket optical drive-soket media card-soket vga(optional)soket keyboard-soket Lcd panel-soket power swich(optional)-soket led indikator(optional)-soket battery dll.

Laptop Mati Total ?Yaitu, ketika laptop dicolok adaptor tidak ada indikator nyala atau pasang battery kemudia ditekan tombol on tidak ada respon / tanda – tanda kehidupan.

  1. Siapkan beberapa obeng yang diperlukan, multimeter, pinset dan kuas yang halus.
  2. Cek tegangan pada adaptor laptop Anda dengan multimeter apakah tegangan 19v atau tidak.
  3. Cek laptop Anda dengan adaptor lain yang memiliki tegangan dan ukuran yang sama, jika masih tidak ada kehidupan maka langkah selanjutnya adalah,
  4. Bongkar total laptop Anda dan keluarkan motherboard dari casing laptop Anda,
  5. Selanjutnya cek tegangan yang ada di motherboard

13Contoh alat – alatnya
Berikut ini contoh cara mengatur multimeter dan mengukur tegangan adaptor :Atur selektor pada posisi DCV, pilih skala batas ukur tegangan yang ada di adaptor, jika adaptor 19v maka batas skala ada di 20v. Tempelkan probe hitam diluar dan probe merah masukkan kedalam lubang charger adaptor, probe warna merah pada posisi (+) hitam pada titik (-) tidak boleh terbalik. Perhatikan gambar dibawah ini :14Contoh cek tegangan yang ada di motherboard 19v :Selektor berada pada batas 20v, tempelkan probe warna hitam dititik / tempat  baut, sedangkan probe warna merah tempelkan pada IC power, yang dimaksud IC power adalah komponen yang pertama dan utama yang menerima tegangan 19v. Lihat gambar dibawah ini :15Contoh beberapa IC (Integrated Circuit) di motherboard Laptop :16Contoh mengukur tegangan 5v dan 3v :Selektor berada pada batas 20v, tempelkan probe warna hitam dititk / tempat baut sedangkan probe warna merah tempelkan pada IC, biasanya secara umum kode IC tersebut tertulis angka muatan 6.3v. Lihat gambar dibawah ini :17Reset Battery CMOS :Apa itu CMOS ? Yaitu Complementary Metal Oxcide Semiconductor adalah sebuah bateri kecil yang dipasang di setiap motherboard, memiliki fungsi yang sangat penting seperti pengaturan waktu dan tanggal, menambahkan daya, mereset bios. Reset battery CMOS biasanya dapat memperbaiki laptop yang mati tergantung dari kondisi rusaknya, caranya bongkar total laptop Anda dan cari lokasi CMOS yang terpasang di motherboard dan lepas battery CMOS nya. Lihat gambar dibawah ini :

Cek Port ChargerLakukan cek fisik motherboard secara keseluruhan, terutama pada DC Jack Port Charger jika laptop mati total. Lihat gambar dibawah ini :

Contoh motherboard laptop beserta tegangan pada IC :

Cek IC BIOS (Basic Input Output System)Apa itu BIOS ? Bagaimana cara mengetahui dan dimana letak BIOS itu jika kita tidak tahu ? BIOS adalah sebuah IC yang terpenting, agar IC yang lain mempunyai tegangan tertentu dan sekaligus syarat laptop untuk dapat hidup karena IC BIOS salah satu IC yang berisi sistem dasar.

Secara umum letak BIOS sangat berbeda dari IC lain, karena telah diberi tanda dan sedikit besar dari IC yang lain.23Layak atau tidak layakkah motherboard laptop Anda diperbaiki :Perhatikan terlebih dahulu fisik motherboard Anda sebelum di servis, hati – hati dalam pembongkaran laptop Anda, jika laptop Anda tidak layak lagi di servis maka sebaiknya ganti motherboard baru.

Sumber referensi : https://omah-download.blogspot.com/