Categories
Kuliner

Cara Membuat Perkedel yang Enak dan Juga Lezat Serta Variatif

Halo sobat semuanya pada kali ini mimin bakalan membahas mengenai resep yang lebih baru nih sobat yaitu Cara Membuat Perkedel yang Enak dan Juga Lezat Serta  Variatif. Memang perkedel memiliki banyak sekali nama lain di indonesia.  Ada yang menyebutnya bakwan ada yang menyebutnya bola kentang dan ada juga yang menyebutnya bergedel. Tapi bisa kita ketahui semua itu merujuk pada satu makanan yang sama yaitu perkedel..

Seperti yang Mimin bilang di atas, hari ini Mimin bakalan membahas mengenai cara membuat perkedel yang mudah enak dan juga pastinya sangat lezat sekali sop ketika kita makannya. Cara membuatnya mudah dan tidak memerlukan alat alat yang sulit. Kita pun bisa membuatnya sendiri di rumah. 

Semua bisa kita buat asalkan kita memiliki niat yang kuat. Kita bisa membuat nya sendiri seperti yang dibuat pada restoran sop. Oleh karena itu kita juga bisa mengkreasikannya sedemikian rupa agar menjadi lebih menarik dan juga lebih fariatif sob. Selain rasanya fariatif makanan ini juga sangat diminati oleh banyak orang dari berbagai daerah di Indonesia. 

Bahkan nama namanya di tiap daerah pun bisa berbeda loh. Namun yang paling umum digunakan adalah perkedel kentang atau bola kentang. Mengapa hal tersebut bisa terjadi ya tentu saja bisa karena mungkin saja di masing masing daerah memiliki penyebutan yang berbeda beda. 

Singkatnya perkedel atau bola kentang merupakan Sajian yang berbahan dasar kentang dan tepung kemudian dihancurkan dan diratakan bersama. Dalam proses penghancuran nya harus sempurna harus halus karena akan mempengaruhi Tekstur dari perkedel itu sendiri. 

Namun jika sobat tidak bisa menghaluskannya sempat bisa menggunakan beberapa alat yang mungkin bisa membantu sobat dalam membuatnya. Sobat juga bisa memanfaatkan beberapa alat lain yang sederhana yang berbahan keras untuk menghancurkan kentangnya bisa dirasakan bersama tepung sobat.

Cara Membuat Perkedel yang Enak

Bahkan proses membuat nya pun tidak memakan waktu yang lama hanya beberapa saat kemudian setelah digoreng bisa disajikan bersama nasi hangat. Besok sangat mudah sekali untuk dicoba di rumah ya kan. Oleh karena itu ini bisa menjadi salah satu resep yang istimewa untuk makanan sehari hari di rumah sobat


 Sobat juga bisa memanfaatkan beberapa alat lain yang sederhana yang berbahan keras untuk menghancurkan kentangnya bisa dirasakan bersama tepung sobat. Oleh karena itu sebenarnya cara membuat nya ini tidak membutuhkan alat alat yang susah.  

Namun hal tersebut bukanlah menjadi suatu masalah karena rasanya sama sama enak dan tetap nikmat. Sungguh unik sekali ya sob makanan khas Nusantara yang sangat beragam jenisnya ini

Bahan Perkedel

 Oleh karena itu sebenarnya cara membuat nya ini tidak membutuhkan alat singkatnya perkedel atau bola kentang merupakan Sajian yang berbahan dasar kentang dan tepung kemudian dihancurkan dan diratakan bersama. 

Dalam proses penghancuran nya harus sempurna harus halus karena akan mempengaruhi Tekstur dari perkedel itu sendiri. Namun jika sup tidak bisa mengharuskannya cepat bisa menggunakan beberapa alat yang mungkin bisa membantu sobat dalam membuatnya.
Perhatikan bahan berikut ini:

  • 4 siung bwg putih;
  • Setengah butir pala;
  • 3 buah kentang ukuran besar;
  • 2 batang seledri;
  • 2 buah telur;
  • 4 batang bawang prei;
  • 1 sendok teh lada kasar;
  • 6 siung bwg merah.

Langkah Membuat Perkedel yang Enak

Perkedel memiliki Citarasa Gurih, Tekstur halus, padat, mungkin bisa juga kenyal. Tekstur tersebut berasal dari percampuran tepung dan juga kentang yang menyebabkan dia harus dan mudah digigit. selain Teksturnya yang lembut dan sangat nikmat, perkedel ini cuka memiliki banyak kelebihan dari Sisi rasa yang khas. 


Rasa dari tentang bercampur dengan rasa Gurih akan menjadikan rasanya menjadi lebih istimewa dan sangat spesial. Oleh karena itu kita sebagai warga Indonesia patut Berbangga karena makanan di Indonesia ini rasanya sangat enak dan sangat unik. Mungkin tidak ada di negara lain yang serupa seperti ini.
Silahkan sobat lihat prosedur membuat Cara Membuat Perkedel yang Enak dan Juga Lezat Serta  Variatif di bawah ini :

  1. Silahkan kupas kentang. Anda bisa menggunakan alat pengupas kentang yang sangat praktis. Kemudian Goreng kentang hingga matang, potong daun seledri, daun bawang, putih dan merah menjadi irisan tipis, lalu goreng daun bawang, seledri, merah putih hingga harum, angkat.
  2. Kentang tumbuk dan tumis bumbu halus, lalu campur dengan merica, pala dan garam.
  3. Tambahkan 2 kuning telur, 3 sendok makan kornet, aduk rata
  4. Bentuk bola, lalu ratakan dan oleskan tepung agar tidak lengket. Panaskan minyak, celupkan kue ke dalam putih telur, dan goreng dengan api sedang-kecil.
  5. Tumis hingga berwarna cokelat keemasan kemudian sajikan setelah matang.

Tentang Perkedel Jagung

Oleh karena itu kita sebaiknya tetap melestarikan makanan ini agar anak cucu kita nanti juga tahu bagaimana sih wujud dari perkedel kentang ini. Bahkan mungkin perkedel kentang ini sudah banyak dijual di warung warung atau di abang penjual nasi uduk pinggir jalan. 

Karena makanan yang satu ini sangat merakyat sobat. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa makanan ini bisa menjadi makanan mewah ketika kita mengolahnya bersama daging, kornet, dan juga campuran lainnya yang tentunya lebih istimewa loh sobat

Selain istimewa, kita juga bisa membuat nya di rumah. Karena caranya itu lo sangat mudah tinggal membuatnya menjadi adonan kemudian kita tinggal menggoreng nya di minyak panas selama beberapa menit hingga warnanya berwarna kuning keemasan. 

Kemudian setelah itu disaksikan dan perkedel kentang pun sudah jadi dan bisa disantap bersama nasi hangat selagi msh panas. Rasanya yang sangat menggoda ini memang sangat memikat selera sobat. 

Jadi tidak bisa dipungkiri bahwa Mimin pun sangat menyukai bakwan atau perkedel ini. Karena memang sangatlah enak rasanya dan Teksturnya pun juga sempurna. 

Kentang merupakan salah satu umbi umbian. Selain itu singkong pun juga merupakan umbi umbian loh sob. Untuk memotong singkong sobat bisa menggunakan mesin pemotong singkong yang sangat efisien.

Oleh karena itu makanan yang satu ini sangatlah istimewa dan juga unik. Hal yang membuat unik seperti yang sudah Mimin sebutkan tadi Teksturnya istimewa dan rasanya Gurih Nyoi dan juga sangat enak. Ya begitulah sobat tentang perkedel kentang.

Terimakasih telah membaca artikel ini 🙂