Categories
Games

Main Game Asyik Plus Dapat Manfaat Kesehatan, Apa Saja Sih…?

Jika ada yang bilang bahwa main game identik dengan kebiasaan negatif, jangan terlalu percaya, deh! Sebab menurut penelitian, main game justru dapat membawa beberapa manfaat positif, lho!

Salah satu manfaat yang dapat diambil dari gaming adalah dampak positif untuk kesehatan. Bukan saja kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental, atau jiwa dan raga.

Para peneliti di luar negeri sudah melakukan banyak riset berhubungan kegiatan gaming, yang seringkali dilakukan anak-anak dan remaja. Gaming secara berlebihan memang dominan pada turunnya produktivitas seseorang, namun jika dilakukan dengan bijaksana, main game malah menjadi salah satu ‘obat’ untuk Anda yang sedang mengalami keletihan atau kejenuhan.

Berikut beberapa kenyataan kesehatan yang dapat dirangkum tentang gaming untuk kesehatan;

  1. Memperbaiki keadaan hati
    Setelah berbagai kegiatan yang sibuk, baik di sekolah maupun pekerjaan, bermain game dapat membuat keadaan hati kembali menjadi lebih baik. Kepenatan dapat hilang sekejap saat Anda menyediakan waktu untuk gaming.
  2. Mengurangi depresi
    Gaming juga mampu meminimalisir atau bahkan menghilangkan depresi yang tengah kita alami, khususnya yang sehubungan dengan pekerjaan. Saat Anda menyediakan waktu selama 10 menit untuk melakukan hal-hal yang membuat Anda gembira, maka tingkat stres dan depresi akan turun secara signifikan.
  3. Mengembangkan keterampilan untuk memecahkan masalah
    Ternyata game dapat mengembangkan keterampilan seseorang untuk memecahkan masalah. Kesimpulan dari sebuah riset menyatakan, bermain game dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan mencari penyelesaian dalam setiap masalah yang dihadapi.
  4. Belajar keawetan dan menghadapi kegagalan
    Saat anak bermain Game Bola Android contohnya, sebetulnya orangtua dapat memperhatikan, apa yang akan mereka lakukan jika kalah atau gagal mencapai poin. Apakah mereka akan marah-marah atau santai menghadapinya dan mengupayakan lagi. Dengan gaming, anak sebenarnya disuruh untuk belajar keawetan dan dapat menghadapi kegagalan dengan teknik yang bijaksana.
  5. Membuat rileks
    Gaming akan menciptakan seseorang merasa lebih rileks. Penelitian menyimpulkan, saat situasi sedang rileks, maka tubuh akan menghasilkan hormon erotonin, dopamin, relaksin, atau oksitosin, yang membuat Anda merasa bahagia.