Categories
Bisnis

Catterpilar Mengadopsi Desain Heavy Dutty Optimized

Desain front linkage, boom & stick dari Cat 320 menggunakan tipe heavy duty optimized, dan type track long undercarriage yang lebih stabil yang membuat unit ini applicable & durable untuk berbagai aplikasi dari sedang hingga berat. Penggunaan unit ini sangat beragam, dari mulai land clearing, fixed grapple di segmen forestry & agriculture, stone quarry & stone breaker di konstruksi hingga surface mining di segmen pertambangan. Namun, Pamungkas mengingatkan, meski dirancang untuk aplikasi sedang hingga berat dengan produktifitas tinggi, Cat 320 dengan 6 silinder ini mematahkan mitos bahwa kondisi ini membuatnya menjadi boros.

Desain terbaru pada engine & hydraulic systemnya membuat penggunaan bahan bakar Cat 320 jauh lebih hemat hingga 20%, dengan rata-rata konsumsi bahan bakar 15-16 liter per jam. Bandingkan dengan konsumsi bahan bakar ratarata ekskavator 6 silinder di industri yang berkisar 19-21 liter per jam! ungkapnya. Beralih ke model Cat 320 GC Next Gen dengan 4 silinder, yang hadir dengan berbagai fitur terbaru yang memberi manfaat terbaik untuk para customer, dengan kategori lifecycle value application dengan utilisasi dari ringan hingga sedang. Keunggulan paling utama dari model ini adalah didesain menjadi mesin paling irit konsumsi bahan bakar di industri ekskavator kelas 20 ton, hemat biaya operasional & perawatan.

Dengan konsumsi bahan bakar rata-rata hingga 13 liter per jam, yang kami garansi selama satu tahun, tidak hanya menjadi sekedar janji, tapi komitmen dengan mengganti kelebihannya, menjadi pesan yang kuat bagi para customer dan pasar bahwa unit ini benar-benar irit, kata Pamungkas menjelaskan. Dia menguraikan, dengan rata-rata penghematan 1 liter per jam saja, estimasi kerja 5-6 jam sehari, dalam setahun pelanggan dapat menghemat penggunaan bahan bakar hingga 25 juta rupiah. Maka bisa dihitung jika penghematannya lebih dari angka tersebut.

Sejak diluncurkan pada awal Agustus 2018, Trakindo dengan partnernya indoreadymix memonitor secara langsung dan real time pemakaian bahan bakar setiap unit Cat 320 & 320 GC melalui perangkat Product Link/Vision Link. Ratarata konsumsi bahan bakar 320 sebesar 15,6-16 liter/jam dan 320 GC di angka 13 liter per jam. Program ini berlaku selama satu tahun, dan dilaporkan secara berkala setiap 4 bulan. Kalau dilihat dari pantauan Product Link/Vision Link, sebagian besar unit-unit ini masih dalam kisaran angka yang digaransi, yaitu untuk Cat 320 sebesar 16 liter/ jam, sedangkan Cat 320 GC sebesar 13 liter per jam, ujarnya. Selain itu, biaya pemeliharaan unit Cat 320 dan 320 GC jauh lebih murah hingga 15% berkat desain teknologi terbaru pada sistem hidrolik dan sistem filtrasinya. Dengan desain teknologi terbaru pada hydraulics system dan filtration system, membuat schedule maintenance cost-nya jauh lebih murah.

Penggunaan oli hidrolik yang jauh lebih sedikit hingga 20%, jumlah filter pada hydraulic system yang berkurang cukup signifikan dan interval yang jauh lebih panjang, menyebabkan biaya perawatannya jauh lebih murah, ungkapnya sembari menambahkan bahwa kalau dihitung overall owning & operating cost acquisitionnya untuk customer, sebenarnya biayanya jauh lebih murah.

Cat 320 GC ini, kata Pamungkas, banyak dipilih para customer yang bergerak di sektor general construction, infrastruktur, tambang batu (quarry), rental alat berat, dan material handling & stockpiling di sektor agrikultur, produsen harga beton precast u ditch, dan pertambangan. Beberapa customer menggunakan breaker attachment pada Cat Cat 320 GC ini untuk aplikasi primary stone breaking.