Categories
Tips

Cara Membersihkan Kulkas Mini dari Bunga Es yang Menumpuk

Mini Fridge atau kulkas mini adalah salah satu jenis kulkas yang mempunyai ukuran lebih kecil daripada kulkas pada umumnya. Ukurannya yang kecil cukup cocok untuk digunakan pada ruangan tersebut yang memiliki space terbatas untuk menyimpan makanan dingin. Jenis kulkas ini juga cukup mudah ditemukan di berbagai toko mesin pengolah makanan dengan harga yang cukup terjangkau.

Disamping itu, ukurannya yang mini juga membuat mini fridge atau kulkas mini cukup hemat dalam penggunaan energi. Biasanya kulkas mini yang ada di kamar hotel atau apartemen lebih digunakan untuk menyimpan berbagai jenis minuman agar tetap dingin. Atau jika akan mengadakan pesta, kulkas mini tersebut bisa digunakan untuk membuat es batu dan menyimpan minuman ringan.

Akan tetapi, sebagaimana kulkas pada umumnya, kulkas mini terkadang juga akan timbul bunga es jika tidak rutin dibersihkan. Bunga kulkas merupakan tumpukan es halus yang menempel pada bagian dinding dari kulkas yang bisa mengganggu penyimpanan. Timbulnya bunga es yang menumpuk membuat kapasitas kulkas mini menjadi semakin terbatas untuk menyimpan beberapa jenis minuman.

Kebanyakan dari kulkas yang ada saat ini sudah dilengkapi dengan sistem frost-free untuk mencegah timbulnya bunga es. Namun, untuk jenis kulkas mini keluaran lama, biasanya masih belum dilengkapi sistem tersebut sehingga perlu dibersihkan secara manual. Berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan bunga es pada kulkas mini agar tetap bisa berfungsi dengan baik:

Matikan listrik pada kulkas mini

Sebagaimana umumnya kulkas, kulkas mini tentunya harus menggunakan listrik untuk bisa berfungsi mendinginkan bahan makanan yang akan disimpan. Untuk membersihkan kulkas mini dari bunga es, pertama-tama cabutlah aliran listrik pada kulkas mini terlebih dahulu. Hal tersebut berguna untuk menghindari kemungkinan terjadinya korsleting dan kemungkinan sengatan listrik saat proses membersihkan kulkas mini.

Kosongkan isi kulkas mini

Kedua, langkah selanjutnya yang dilakukan setelah mematikan listrik pada kulkas mini adalah mengosongkan semua isi kulkas mini tersebut. Ambil semua minuman dan makanan yang tersimpan di dalam kulkas mini lalu pindahkan ke tempat lain. Periksa makanan atau minuman yang kadaluarsa, simpan yang masih aman di freezer lain dan buang yang sudah kadaluarsa.

Bersihkan air yang menetes dari kulkas mini

Selanjutnya, setelah selesai mengosongkan dan memindahkan isi kulkas, mulai bersihkan air yang menetes di kulkas mini tersebut. Bersihkan air yang ada di dalam kulkas mini dengan meletakkan handuk yang tebal di bagian dasar agar tidak meluber. Lalu setelahnya pindahkan kulkas mini ke tempat yang tidak akan membasahi lantai saat proses pembersihan.

Biarkan pintu kulkas mini tetap terbuka

Setelah meletakkan handuk tebal di dasar kulkas dan memindahkannya, langkah selanjutnya adalah biarkan pintu kulkas mini terbuka. Terutama jika bunga es terlalu banyak, biarkan pintu kulkas terbuka lebih lama agar bunga es lebih cepat mencair. Cara lain yang bisa digunakan untuk membuat bunga es segera meleleh adalah menggunakan hair dryer atau handuk hangat.

Lap dan bersihkan secara menyeluruh

Langkah selanjutnya setelah pencairan bunga es selesai dan mencair seluruhnya adalah bersihkan semua bagian kulkas mini. Gunakan kain bersih yang dibasahi dengan campuran air hangat dan sabun untuk membersihkan bagian dalam kulkas mini tersebut secara menyeluruh. Selanjutnya bersihkan dan bilas dengan menggunakan kain lainnya yang dibasahi dengan air bersih untuk mengelap sisa sabun.

Keringkan dan atur kembali isiannya

Terakhir, setelah semua bagian kulkas mini dilap dan bersih dari sisa sabun, biarkan hingga benar-benar kering. Saat kulkas mini sudah benar-benar mengering, hidupkan lagi kulkas mini dengan mencolokkan kabel kulkas pada stop kontak. Tunggulah hingga suhu di dalam kulkas dingin kembali baru kemudian masukkan semua minuman atau makanan yang sebelumnya dipindahkan ke tempat lain.