Categories
Kuliner

Cara Membersihkan Mesin Soft Ice Cream Agar Tetap Awet

Es krim adalah jenis hidangan dingin yang memiliki berbagai varian dan biasanya mempunyai tekstur yang halus dan lembut. Jenis es krim tersebut dikenal dengan nama soft ice cream dan dinikmati dengan berbagai varian rasa mulai coklat hingga stroberi. Soft ice cream sendiri merupakan salah satu jenis es krim yang banyak disukai oleh berbagai kalangan dari anak-anak hingga dewasa.

Untuk membuat soft ice cream terutama yang dipakai untuk rumahan atau keperluan sendiri kebanyakan orang menggunakan kulkas. Sementara untuk industri makanan atau orang yang membuat soft ice cream untuk dijual kembali, kebanyakan menggunakan mesin soft ice cream. Mesin soft ice cream sendiri adalah salah satu mesin yang memudahkan untuk membuat soft ice cream dengan lebih efektif.

Walaupun demikian, mesin soft ice cream harus dibersihkan secara rutin secara menyeluruh untuk menjaga kualitasnya dan agar tetap awet. Hal tersebut karena mesin tersebut sangat mudah terkontaminasi bakteri dan juga agar rasa es krim yang dihasilkan tidak tercampur. Berikut adalah beberapa langkah atau cara untuk membersihkan mesin soft ice cream agar tetap awet:

Matikan Mesin Terlebih Dahulu

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah mematikan mesin soft ice cream terlebih dahulu sebelum memulai membersihkan. Selain itu, jangan lupa juga untuk mencabut aliran listrik yang menuju mesin dengan mencabut kabelnya dari colokan listrik.

Kosongkan Mesin Dari Sisa Es Krim

Kedua yang harus dilakukan adalah mengosongkan mesin soft ice cream dari semua sisa es krim terlebih dahulu. Pengosongan ini perlu dilakukan untuk mempermudah proses pembersihan mesin terutama dari sisa es krim yang masih ada di dalam mesin. Usahakan bersihkan semua sisa es krim dari seluruh mesin termasuk bagian untuk memasukkan dan mengeluarkan es krim.

Siram Mesin Dengan Air Bersih

Ketiga, setelah mesin soft ice cream dikosongkan, yang harus dilakukan adalah tuangkan air bersih ke dalam mesin. Tuang air bersih secukupnya untuk membersihkan sisa es krim yang mungkin masih ada di dalam mesin tersebut. Setelahnya keluarkan air yang ada di dalam mesin soft ice cream dengan cara yang sama ketika akan mengambil es krim.

Pisahkan Bagian-Bagian Mesin

Keempat, setelah mesin dibersihkan dengan air bersih, selanjutnya adalah pisahkan bagian-bagian mesin soft ice cream untuk dibersihkan. Lepaskan atau pisahkan setiap bagian mesin terutama pada bagian yang bersentuhan langsung dengan bahan pembuatan es krim. Saat memisahkan setiap bagian mesin soft ice cream, pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk manual dari mesin soft ice cream.

Rendam dan Gosok Bagian-Bagian Mesin

Kelima, langkah selanjutnya yang dilakukan setelah memisahkan mesin soft ice cream adalah dibersihkan secara menyeluruh. Cara termudah untuk membersihkan bagian-bagian yang sudah dipisahkan adalah merendamnya di air sabun yang hangat dan gosoklah dengan spons. Gosoklah bagian mesin dengan menggunakan spons yang lembut hingga bersih lalu bilas dengan air bersih.

Keringkan Lalu Pasang Kembali

Terakhir, setelah semua langkah diatas telah dilakukan, keringkan terlebih dahulu bagian-bagian mesin yang sudah dibilas hingga benar-benar kering. Selanjutnya, langkah paling akhir adalah pasang kembali bagian-bagian mesin soft ice cream seperti semula dan mesin siap digunakan. 

Enam cara diatas adalah cara untuk membersihkan mesin soft ice cream agar tetap awet dan hasilnya tetap berkualitas. Saat ini mesin soft ice cream sendiri sudah banyak ditemukan dan bisa dibeli dengan mudah di toko mesin pengolah makanan.