Categories
Wisata

Paket Wisata Belitung, Mengantarkan Pengalaman Berlibur Anda

Belitung merupakan sebuah pulau yang berada di lepas pantai timur Sumatra, Indonesia yang terletak di antara Selat Gaspar dan Selat Karimata. Pulau Belitung terbagi menjadi dua kabupaten, yaitu Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur. Paket Wisata Belitung dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin berwisata ke Belitung dengan budget yang murah, dengan tetap menikmati fasilitas yang disediakan di tempat wisata.

Destinasi Menawan pada Paket Wisata Belitung

Terdapat beragam pilihan objek wisata di Belitung yang dapat membantu melepaskan rasa penat setelah aktivitas padat yang Anda lakukan. Di Kabupaten Belitung Timur terdapat sebuah pantai di Desa Damar dengan sebutan Pantai Burung Mandi. Nama pantai ini terinspirasi dari Abdul Gafar yang melihat banyak burung yang berkumpul di pantai untuk mandi.

Tempat ini sangat menarik karena suasananya yang tenang dan indah. Pantai Burung Mandi memiliki pasir yang berwarna coklat lembut dan memiliki banyak pohon yang rindang, sehingga terasa teduh. Air lautnya cukup tenang dan terlihat jernih. Di sini Anda dapat melihat beberapa perahu tradisional milik nelayan yang disebut kater. Di tempat ini juga disediakan kapal untuk menjelajah pulau-pulau terdekat.

Kota 1001 Kopi

Di Kabupaten Belitung Timur juga terdapat sebuah kota besar, yaitu Kota Manggar. Kota Manggar merupakan sebuah kecamatan yang menjadi ibu kota di Kabupaten Belitung Timur. Terdapat beragam etnis masyarakat di kota ini, diantaranya etnis Melayu, Bugis, Tiongkok, dan lain sebagainya. Kota Manggar ini memiliki keunikan tersendiri, yakni terdapat warung kopi pada setiap sudut jalan dan selalu dipenuhi oleh pengunjung, sehingga Kota Manggar dijuluki sebagai Kota 1001 Warung Kopi.

Warung Kopi di Kota Manggar sudah seperti bagian dari budaya  yang telah hidup dejak dahulu. Warung kopi dibangun dengan arsitektur yang sederhana, dengan atap dan dinding yang berasal dari bambu.  Di warung kopi ini masih sangat tradisional, belum terdapat wifi seperti layaknya kafe dalam sebuah mal. Hal ini mengajarkan kepada para pengunjung agar bersosialisasi dengan cara yang benar dan rendah hati.

Di Belitung Timur terdapat sebuah museum yang berasal dari cerita laskar pelangi, dengan nama Museum Kata Andrea Hirata. Museum ini berada di Jalan Laskar Pelangi 7, Gantong. Di museum ini, Anda akan disajikan foto-foto perjalanan sastra kebanggaan Belitung, sehingga Anda akan merasa menyelami isi dari novel yang berjudul Laskar Pelangi. Ketika memasuki museum, Anda akan disuguhkan dengan foto-foto Andrea Hirata yang dilengkapi dengan kalimat yang penuh inspirasi.

Selain museum, terdapat sekolah dasar yang juga merupakan bagian dari latar film Laskar Pelangi. Sekolah dasar ini bernama SD Laskar Pelangi, yang merupakan replika SD Gantung Muhammadiyah. SD Laskar Pelangi terletak di bukit berpasir dan dekat danau yang berada di Desa Bukit Raya.