Categories
Tips

Cara Menggunakan Opal Card Untuk Berkeliling Kota Sydney

Sydney adalah sebuah kota di negara bagian New South Wales, Australia yang merupakan kota terbesar di negara Australia. Kota berpenduduk lebih dari 5 juta jiwa ini merupakan salah satu kota metropolitan yang banyak dikunjungi oleh para turis. Para turis dari berbagai negara banyak mengunjungi salah satu kota tertua di wilayah Australia dan Oceania ini.

Sebagai kota metropolitan sekaligus salah satu destinasi wisata dunia, Sydney memiliki banyak hal yang menjadi daya tarik wisata. Berbagai tempat wisata dan bangunan ikonik di kota Sydney menjadi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Disamping itu, industri pariwisata di kota Sydney sangat baik karena ditunjang dengan sistem transportasi yang saling terintegrasi dengan baik.

Di kota Sydney, berbagai moda transportasi umum bisa ditemukan dan saling terhubung satu sama lain dengan cukup baik. Selain itu, berbagai moda transportasi umum di kota tersebut bisa menggunakan satu sistem pembayaran dengan menggunakan opal card. Opal card sendiri merupakan sebuah kartu yang bisa digunakan sebagai tiket pembayaran untuk banyak jenis transportasi umum di kota Sydney.

Bagi para turis mancanegara, untuk mendapatkan opal card, mereka perlu mendatangi loket bandara Sydney dan membeli opal card disana. Jika terlewat, para turis bisa membelinya di newslink bandara Sydney atau pergi ke stasiun kota sydney untuk membelinya disana. Setelah memiliki opal card, maka para turis bisa menggunakannya sebagai kartu pembayaran transportasi umum selama berada di area Sydney.

Berikut adalah cara menggunakan Opal Card untuk berkeliling kota Sydney bagi para turis khususnya turis dari mancanegara:

Ketahui tentang Opal Card terlebih dahulu

Ketika membeli opal card, biaya yang dibayarkan bukan merupakan harga dari opal card namun deposit yang diberikan pada opal card. Deposit pada kartu tersebut nantinya dipotong sesuai dengan biaya perjalanan setiap kali menggunakan transportasi umum di kota Sydney. Besaran deposit minimum untuk top-up opal card adalah 10 dollar Australia untuk dewasa dan 5 dollar Australia untuk anak-anak.

Persiapkan Opal Card sebelum menggunakan transportasi umum

Setelah opal card terisi dengan nominal tertentu, langkah selanjutnya adalah persiapkan opal card sebelum menggunakan moda transportasi umum. Dengan menyiapkan opal card sebelum menggunakan transportasi umum bisa menghemat waktu dan mempercepat antrian jika terdapat antrian.

Tap on Opal Card pada sensor di transportasi yang digunakan

Saat akan naik ke moda transportasi umum yang diinginkan seperti bus, kereta, metro dan ferry maka pengguna harus melakukan tap on. Tap on dilakukan dengan cara menempelkan opal card pada sensor yang disediakan pada setiap moda transportasi yang digunakan. Tempelkan kartu pada sensor tersebut selama beberapa detik hingga muncul warna hijau dan bunyi beep di mesin kemudian tarik kartunya.

Tap off Opal Card setelah tiba di tujuan

Ketika selesai tap in, nikmati perjalanan menuju tempat tujuan yang diinginkan dengan transportasi umum tersebut. Sampai di tempat tujuan, ketika akan turun jangan lupa tap off dengan cara yang sama saat melakukan tap in. Jika terlupa melakukan tap off saat turun, maka deposit akan berkurang sebanyak biaya maksimum untuk perjalanan tersebut.

Gunakan aplikasi Opal Travel untuk mengecek sisa saldo

Begitu selesai menggunakan opal card, untuk mengecek sisa saldo cukup gunakan aplikasi Opal Travel yang ada di Android dan IOS. Aplikasi ini tersedia di Play Store Android dan Apple Store milik Apple dan bisa diunduh secara gratis.

Kelima cara diatas adalah cara untuk menggunakan opal card bagi para wisatawan mancanegara yang akan berkeliling kota Sydney. Jika tertarik ke kota Sydney, banyak sekali agen wisata yang memberikan paket wisata luar negeri dengan tujuan Sydney. Banyak diantara agen wisata tersebut juga memberikan beragam penawaran terbaik bagi calon wisatawan yang ingin liburan ke Sydney.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *