Categories
Islam

Kumpulan Masjid Unik Di Indonesia

Masjid unik di Indonesia – Di Indonesia banyak sekali kita temukan masjid dengan berbagai model bangunan. Karena memang mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim yang tempat beribadahnya adalah di masjid. Di antara banyak masjid di Indonesia, ada masjid yang unik unik. Baik itu unik dalam hal sejarah, maupun unik dalam hal konstruksi dan dalam hal arsitektur.

4 Masjid Unik Di Indonesia

Berikut beberapa masjid unik di Indonesia

  1. Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

Masjid Agung Jawa Tengah atau yang biasa disingkat MAJT adalah sebuah masjid besar yang terletak di ibukota Jawa Tengah Semarang. Masjid ini dibangun pada tahun 2001 dan diresmikan pada tahun 2006 oleh Presiden SBY. Masjid yang menjadi kebanggaan Jawa Tengah, sekarang menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat mengunjungi kota Semarang. Masjid Agung Jawa Tengah dirancang dalam campuran gaya arsitektur Jawa, Islam dan Romawi. Masjid ini didalangi oleh Ir. H. Ahmad Fanani. Bangunan utama adalah bangunan masjid atap limas khas Jawa, tetapi pada akhirnya dengan kubah besar berdiameter 20 meter. Ditambah dengan empat menara masing-masing 62 meter di setiap sudut atap. Masjid ini memiliki sebuah menara 99 meter yang melambangkan baik 99 nama Allah SWT.

Gaya Romawi potongan 25-key menonton pilar yang melambangkan KE25 Nabi dan Rasul. Masjid ini memiliki keunikan berupa 6 buah payung hidrolik seperti yang ada di Masjid Nabawi. Angka 6 pilar melambangkan iman dalam Islam. Setiap ketinggian payung hidrolik adalah 20 meter dengan diameter 14 meter. payung hidrolik saja membuka semua sholat Jumat dan doa dari kedua Hari Raya (Idul Fitri dan Idul Adha) untuk kondisi angin catatan tidak melebihi 200 knot. Selain menjadi tempat ibadah, masjid merupakan tempat wisata religius yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti ruang makan, auditorium, dan Museum budaya Islam.

  1. Masjid Raya Sumatera Barat


Masjid Raya Barat Sumatera masjid atau nama lain Mahligai Minang adalah masjid single-side. Masjid Sumatera Barat Raya menempati area seluas 40.343 meter persegi di persimpangan Jalan Khatib Sulaiman dan Jalan Ahmad Dahlan. Masjid ini mengadopsi gaya arsitektur Menara ditandai gonjong bangunan berbentuk. Dilihat dari atas, masjid terbesar di Sumatera Barat memiliki empat sudut lancip yang mirip dengan desain atap rumah panjang, sampai patung Minang dan kaligrafi di dinding luar masjid. Masjid ini adalah desain arsitek Rizal Muslimin, pemenang kontes desain Masjid Raya Sumatera Barat, yang dihadiri oleh 323 peserta dari berbagai negara pada tahun 2007.

Bangunan ini dirancang untuk memenuhi kondisi geografis gempa Sumatera Barat mengguncang beberapa waktu yang tepat. Dalam proyek ini, kompleks bangunan akan mencakup halaman, taman, menara, aula, fasilitas komersial, jam digital masjid dan dukungan membangun kegiatan pendidikan. Masjid dengan kapasitas 20.000 jamaah juga dilengkapi dengan tempat penampungan dan selamat dari evakuasi tsunami di lantai 2 dan 3.

  1. Masjid Dian Masjid Al-Mahri, Depok (Masjid Kubah Emas )

Mungkin nama Dian Al Mahri-Masjid masih asing di telinga kita, tapi ketika saya mendengar nama Masjid Kubah Emas, yakin seseorang sudah banyak yang mengtahuinya. Dian Al Mahri-Masjid, juga dikenal sebagai masjid Kubah Emas adalah sebuah masjid yang terletak di tepi jalan Meruyung, Limo District, Depok, Jawa Barat. Keunikan masjid ini adalah kubah kubah ditutupi dengan emas. Masjid ini dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, dari orang bisnis Banten yang telah membeli tanah ini sejak tahun 1996. Masjid Kubah Emas dibangun pada tahun 2001 dan selesai menjelang akhir 2006.

Masjid ini dibuka untuk umum 31 Desember 2006, dengan total luas 50 hektar. Masjid ini menempati area seluas 60 x 120 meter. Dian Masjid Al-Mahri dapat menampung sekitar 20.000 kurang dari setia. Dian Masjid Al-Mahri memiliki lima kubah, salah satu kubah utama dan empat kubah kecil. Bentuk kubah utama masjid telah mengadopsi bentuk “bawang” kubah adalah sama dengan kubah Taj Mahal.

Juga indah di luar, masjid ini juga terlihat indah di dalam. Di dalam lampu gantung masjid diimpor langsung dari Italia seberat 8 ton. Selain itu, dekorasi lega di atas di mana imam emas 18K. Demikian pula pagar di lantai dua dan kaligrafi menghiasi langit-langit masjid. Sementara pilar mahkota masjid yang setara dengan 168 buah bahan berlapis atau sisa emas Prado. Masjid ini menjadi satu-satunya masjid di kubah emas di Indonesia.

  1. Masjid Kudus Menara, Kudus

Sunan Kudus adalah Walisongo yang menyebarkan Islam di kota suci. Sunan Kudus dikenal mengakulturasikan berkualitas di kebudayaan Islam dengan budaya Hindu-Budha yang saat itu menjadi agama mayoritas Kudus. Salah satu warisan itu, sampai sekarang, kita masih bisa melihat adalah Masjid Menara Kudus. sendiri Masjid Suci adalah nama asli Masjid Al-Aqsa, untuk meletakkan batu fondasi masjid menggunakan batu dari Masjid Al-Aqsa di Palestina. Masjid ini dibangun pada tahun 1549 atau 956 Hijriah.

Salah satu keunikan masjid ini terletak di pintu masuk (pintu) itu. Masjid ini memiliki pintu berbentuk gerbang kuil Bentar yang pada substansi yang biasa ditemui dalam pembangunan candi dan kuil. Selain di luar masjid, di dalam masjid, kita juga bisa menemukan pintu yang orang di seluruh panggilan “Lawang Kembar.” Legenda mengatakan bahwa pintu berasal dari kerajaan kuno Majapahit di muka. Juga di daerah Masjid Suci, ada sebuah menara yang terlihat seperti sebuah kuil. Memang, itu bukan candi melainkan sebuah menara dari masjid, yang merupakan Minaret.

Ghost Tower memiliki ketinggian sekitar 18 meter dengan dasar pengukuran 10m x 10m. Kaki dan tubuh menara dibangun dan diukir dengan motif Hindu-Jawa. Fitur lain dapat dilihat pada penggunaan material bata yang dipasang tanpa semen perekat. Seperti Kuil Hindu pada umumnya, Tour Saint terdiri dari tiga bagian, yaitu kaki, tubuh, dan atas bangunan. Menara ini juga dibangun di bata merah yang merupakan bahan yang banyak digunakan untuk membuat candi pada saat kerajaan Majapahit. Ketika waktu shalat tiba, muadzin naik ke puncak menara dan tekan drum dan panggilan untuk salat.

Itulah beberapa masjid unik di Indonesia yang kami jelaskan dengan gambar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *